Viral Odading Mang Oleh, Ini 5 Kreasi Roti Goreng dari Mancanegara

Riska Fitria - detikFood Senin, 21 Sep 2020 15:00 WIB
Odading Mang Sholeh Foto: 20detik

4. Munkki dari Finlandia

Ilustrasi donatIlustrasi munkki Foto: Getty Images/iStockphoto/Kadek Bonit Permadi

Finlandia juga punya jajanan roti goreng khas, yaitu Munkii yang bentuknya mirip seperti donat pada umumnya. Bulat dengan lubang di tengah. Hanya saja, tekstur roti goreng khas Finlandia ini lebih pada dibandingkan donat.

Munkki terbuat dari adonan tepung, ragi, telur, mentega dan bubuk kapulaga yang sudah digoreng. Adonan itu dibentuk menyerupai donat baru kemudian digoreng. Dalam penyajiannya, munkki diberikan taburan gula halus.

Biasanya masyarakat Finlandia selalu menyajikan munkki dalam rangka May Day. Itu untuk menandakan bahwa musim semi di belahan bumi bagian utara akan tiba. Selain itu, kue ini juga banyak dijadikan camilan untuk bersantai.

5. Churro dari Spanyol

Kreasi roti goreng mancanegaraKreasi roti goreng mancanegara Foto: iStock

Pasti sudah tak asing lagi dengan churro. Ya, jajanan berbentuk panjang berbintang ini merupakan jenis roti goreng yang berasal dari Spanyol. Dilansir dari Taste Atlas, churro pertama kali dibuat oleh pengembala Spanyol.

Adonannya terbuat dari terigu, mentega, telur, gula pasir dan garam. Adonan churro ini tidak padat, melainkan lembek. Karenanya sebelum digoreng adonan churro dicetak menggunakan piping bag. Alat tersebut juga yang membuat bentuk churro seperti bergerigi.

Umumnya churro disajikan dengan gula halus atau kayu manis bubuk. Namun, kini banyak dikreasikan dengan lebih kekinian. Di Spanyol sendiri, biasa menyantap churro dengan secangkir teh dan kopi untuk sarapan.

Baca Juga : Viral Odading Mang Oleh, Warga Rela Antre Berjam-jam di Bandung

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Cocok untuk Buka Puasa, Roti Goreng Isi Coklat Meleleh"
[Gambas:Video 20detik]

(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com