Teh Unik Bentuk Batu Bata Ini Pernah Jadi Mata Uang Populer

Sonia Basoni - detikFood Senin, 21 Sep 2020 06:00 WIB
- Foto: Istimewa
Jakarta -

Dianggap sebagai barang berharga, dulu teh bentuk batu bata ini sempat jadi mata uang uang populer. Mulai dari China hingga Siberia memakai teh ini sebagai mata uang.

Selain rasanya yang enak dan memiliki banyak manfaat untuk tubuh, ternyata teh pernah memainkan peran penting dalam kehidupan sosial di Asia hingga Siberia. Fungsi dari teh dulu tak hanya sebagai minuman tradisional saja, tapi sebagai mata uang yang digunakan selama puluhan tahun di berbagai negara.

Salah satu jenis teh yang digunakan sebagai mata uang adalah tea bricks. Teh dengan bentuk seperti batu bata ini biasanya dibuat dari teh utuh atau halus. Bisa teh hijau, teh hitam hingga fermentasi daun teh lainnya.

Dikutip dari berbagai sumber berikut fakta menarik seputar teh batu bata yang sempat jadi mata uang populer.

Baca Juga: 5 Makanan dan Minuman Enak Ini Pernah Jadi Mata Uang


1. Sejarah Teh Batu Bata

Teh Unik Bentuk Batu Bata Ini Pernah Jadi Mata Uang PopulerTeh Unik Bentuk Batu Bata Ini Pernah Jadi Mata Uang Populer Foto: Flickr/iStock/Public Domain

Sudah ada sejak ratusan tahun lalu, teh batu bata ini pertama kali diciptkan di China pada era Dinasti Ming. Disebut sebagai tea bricks atau batu bata, karena daun-daun teh ini dipadatkan hingga bentuknya menyerupai batu bata.

Pada era China kuno, biasanya teh ini dibuat dari campuran daun teh kering atau bubuk teh halus. Bisa menggunakan teh hitam, teh hijau, dan fermentasi teh lainnya. Setelah dicampur jadi satu dan dipadatkan, balok-balok teh ini akan dikeringkan hingga teksturnya mengeras.

Agar teksturnya padat dan tidak gampang hancur, proses pembuatan teh batu bata ini biasanya dicampur dengan sedikit tepung terigu. Terkadang juga direkatkan dengan darah hewan atau kotoran hewan agar bentuknya awet.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]