Tips Simpan Cabai Segar Agar Tahan Lama dari Netizen TikTok

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 21 Sep 2020 11:30 WIB
Spicy and hot flaming red chilli growing in an organic vegetable garden. Foto: iStock
Jakarta -

Sebagai bumbu andalan orang Indonesia, cabai selalu tersedia di dapur. Ada trik mudah simpan cabai segar yang kamu punya bisa tahan lama.

Menyimpan bumbu dapur ada triknya supaya kesegaran dan kualitasnya terjaga. Urusan cabai, netizen TikTok dengan akun @novisusantoo membeberkan cara mudah menyimpan cabai. Ia menunjukkan ragam cabai merah keriting dan cabai rawit merah sebagai contohnya.

Pertama, copot semua tangkai cabai. "Terus pastiin juga nggak ada yang busuk ya," lanjutnya. Setelah itu, siapkan kotak atau wadah plastik. Kemudian lapisi dengan tisu. "Terus tinggal masukkin cabai-cabai tadi ke wadahnya. Masukin beberapa siung bawang putih (yang sudah dikupas). Tutup rapat wadahnya," kata Novi.

Tips simpan cabaiTips simpan cabai Foto: TikTok @novisusantoo

Setelah itu simpan wadah ini dalam kulkas. Kesegaran cabai akan bertahan lebih lama. Lantas mengapa bawang putih? Dirangkum detikFood dari berbagai sumber, bumbu dapur dengan aroma sedap ini bersifat sebagai pengawet makanan alami karena mengandung zat bernama allicin.

Allicin bisa menghambat pertumbuhan bakteri yang membuat makanan cepat basi. Selain itu, flavonoid dalam bawang putih juga bisa mempertahankan kualitas makanan. Selain cabai, bawang putih juga disebut-sebut bisa mengawetkan tahu.

Baca Juga: Cara Tepat Memakai Cabe Merah Kering

Tips simpan cabaiTips simpan cabai Foto: TikTok @novisusantoo

Selain menyimpannya bersama bawang putih, ada tips simpan cabai segar yang juga bisa dipraktikkan. Jangan mencuci cabai karena kandungan air bisa mempercepat kelembaban yang merupakan penyebab cabai busuk.

Setelah itu, hindari menyimpan cabai dalam kulkas berdekatan dengan produk lain. Misalnya produk olahan susu seperti susu, telur, dan keju. Aroma cabai bisa 'menulari' makanan tersebut.

Juga hindari menaruh cabai dan sayuran segar secara berdekatan. Karena bisa merusak maupun memengaruhi aroma sayuran itu.

Resep Sambal Kreni DagingTips simpan cabai Foto: iStock

Lantas bagaimana dengan trik simpan cabai yang sudah diolah jadi sambal? Prinsip utamanya, pakai semua bahan segar. Kemudian pastikan alat untuk mengolah sambal sudah bersih.

Lalu sebelum bahan-bahan mulai dihaluskan, Anda bisa menggoreng atau mengukus cabai dan bawang terlebih dahulu. Setelah dihaluskan, Anda juga dapat menumisnya dengan sedikit minyak dan masak hingga benar-benar matang dengan api sedang.

Penambahan minyak membuat sambal ini tahan lama. Setelah sambal matang benar-benar dingin, baru masukkan ke stopes bersih dan kering.

Baca Juga: Tips Cara Simpan Sambal Agar Tahan Lama dari 2 Chef



Simak Video "Bikin Laper: Mangut Pari Asap dan Cakalang Cabai Hijau"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)