Belanja Ramadan

Tips Cara Simpan Sambal Agar Tahan Lama dari 2 Chef

Dewi Anggraini - detikFood Minggu, 05 Mei 2019 07:05 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Belanja Ramadan
Jakarta - Sambal favorit selalu sukses bangkitkan selera makan. Untuk itu, tidak ada salahnya menyetok sambal selama Ramadan. Begini cara menyimpan yang praktis.

Sambal terasi, sambal bawang hingga sambal bajak bisa disimpan selama 2 minggu bahkan 2 bulan. Caranya ternyata cukup mudah. Berikut tips menyimpan sambal buatan rumah juga sambal kemasan agar bisa tahan lama.

1. Tips menyimpan sambal buatan rumah

Begini Cara Simpan Sambal Matang Agar Bisa Tahan LamaFoto: iStock

Sebelumya pastikan Anda membuat sambal dengan bahan serta peralatan masak yang bersih. Karena kedua hal itu menentukan lamanya waktu kesegaran sambal.

Pastikan cabai, bawang hingga tomat serta aneka bahan lain seperti terasi, gula merah hingga serai yang Anda gunakan benar-benar segar. Tidak ada bahan busuk di dalamnya.


Lalu pastikan alat pembuatan sambal seperti blender hingga ulekan tercuci bersih. Sebab sisa makanan atau kotoran yang ada bisa menjadi media tumbuhnya jamur.

Sebelum semua bahan mulai dihaluskan, Anda bisa menggoreng atau mengukus cabai dan bawang terlebih dahulu. Setelah dihaluskan, Anda juga dapat menumisnya dengan sedikit minyak dan masak hingga benar-benar matang dengan api sedang.

Begini Cara Simpan Sambal Matang Agar Bisa Tahan LamaFoto: Istimewa

Tambahan minyak dapat membuat sambal lebih tahan lama. Biarkan sambal matang benar-benar dingin lalu taruh di dalam stoples bersih dan kering.

Namun menurut Muhammad Aidil Purnama selaku Sous Chef Doubletree by Hilton Jakarta, cara termudah dalam menyimpan sambal yang Anda masak sendiri ialah dengan membekukannya. Bahkan cara ini bisa membuat sambal tahan hingga 2 bulan.

"Bikin yang banyak (sambalnya). Simpan di plastik ukuran kecil lalu dibekukan. Kalau dibekukan bisa tahan 2 bulan," jelasnya pada detikFood saat ditemui di OPEN} Restaurant, Cikini, Jakarta (29/4/2019).

Cara memanaskan sambal, cukup ditaruh dalam suhu ruangan hingga lumer dan memanaskannya kembali. "Diletakkan di suhu ruangan selama semalam lalu panaskan," pungkasnya.

Begini Cara Simpan Sambal Matang Agar Bisa Tahan LamaFoto: iStock

2. Tips menyimpan sambal kemasan

Cara menyimpan sambal kemasan dibagikan oleh
Executive Sous Chef JW Marriott Hotel Jakarta, Heri Purnama. Menurut Chef Heri, sambal kemasan tanpa pengawet bisa tertahan kesegarannya dengan cara memanaskannya kembali. Lalu memasukkannya dalam stoples.

Hanya saja pastikan bahwa wadah atau stoplesnya benar-benar bersih. Caranya dengan merebus stoples dengan air panas.

Begini Cara Simpan Sambal Matang Agar Bisa Tahan LamaFoto: iStock

"Sambalnya dipanasin dulu. Tempatnya juga dicuci dengan bersih dan direbus dalam air panas," jelasnya pada tim detikfood di Sailendra Restaurant, Jakarta (9/4/2019).

Lebih lanjut Chef Heri menjelaskan, "Setelah itu simpan sambalnya di dalam wadah yang sudah dicuci tadi. Ini berlaku untuk semua sambal dan bumbu dapur."

Meski bisa dilakukan dengan semua sambal, trik ini hanya bisa membuat sambal tetap segar selama beberapa hari saja.



Saksikan juga video 'Aneka Sambal Kemasan yang Cocok Jadi Menu Praktis Ramadan':

[Gambas:Video 20detik]

(dwa/odi)
FOKUS BERITA Belanja Ramadan