Cake Pandan Disebut Kue Nasional Singapura, Netizen Indonesia Bereaksi

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 20 Sep 2020 10:30 WIB
Pandan cake dan lapis legit Foto: iStock
Jakarta -

Disebut sebagai cake nasional Singapura oleh CNN, cake pandan jadi perdebatan netizen Indonesia. Dari mana asal cake ini.

Populer di Asia Tenggara, cake pandan jadi salah satu kue primadona di berbagai negara seperti di Indonesia, Malaysia, Filipina hingga Singapura. Tapi pada tahun 2017 lalu, CNN Travel menyebutkan cake pandan sebagai kue nasional dari Singapura yang autentik sebagai 'Cakes of the world'.

Sementara CNN menyebut kue lapis legit yang enak, sebagai kue nasional terbaik yang dimiliki Indonesia. Dalam artikel tersebut, CNN menyebut cake pandan ini sebagai chiffon cake yang lembut dengan daun pandan dan daun suji sebagai bahan utamanya.

Pandan cake dan lapis legitPandan cake dan lapis legit Foto: iStock

Mereka juga merekomendasikan cake pandan buatan bakery Bengawan Solo Singapura yang ada di Singapura tahun 1979 sebagai salah satu cake pandan enak. Bakery ini sudah memiliki 43 gerai dan dimiliki Tjendri Anastasia atau Anastasia Lieworang, imigran asal Indonesia.

Hal ini menimbulkan perdebatan di antara banyak orang, salah satunya netizen Indonesia di Twitter baru-baru ini.

"Please vote "NO" dan lindungi kekayaan kuliner kita," tulis akun Twitter @luviku (19/09), yang membuat topik cake pandan ini kembali menjadi bahan pembicaraan di media sosial.

Pandan cake dan lapis legitDaun Pandan Foto: iStock

Akun @luviku membagikan link artikel dari Strait Times, yang berisi polling apakah cake pandan berasal dari Singapura. Ia mengajak netizen Indonesia untuk vote 'NO', guna melindungi kekayaan kuliner Indonesia dari klaim bangsa lain.

Banyak netizen yang mengungkapkan pendapat mereka tentang klaim cake pandan ini. Ada yang setuju bahwa cake pandan berasal dari Indonesia, ada juga yang tak setuju.

"Kue mana ada yang asli Indonesia? Paling-paling kerak telor, resep para emak-emak, dharma wanita di zaman pengungsian," komentar akun @WisnuRamadi

"CNN nge-hoax mulu. Ditinggal penonton di Amerika, malah tebar teror di Asia," tulis @BukanUtkCebong

Pandan cake dan lapis legitPandan cake Foto: iStock

Sementara ada juga netizen yang menuliskan bahwa debat cake pandan ini tidak penting, dan masih banyak hal lain yang lebih penting.

"Hadeuh biarin lah cuma kue doang. Pasir Indonesia dikeruk dibawa ke Singapura, gak ada yang vote nih," tutur akun @maddario8.

Secara garis sejarahnya memang belum diketahui pasti negara mana yang pertama kali menciptakan cake pandan ini. Namun banyak yang menyebut bahwa teknik membuat kue ini dipengaruhi oleh budaya kolonial Eropa dan Asia. Di mana sejak dulu daun pandan digunakan untuk memberi warna alami dan aroma harum pada masakan dan kue.

bolu kukus pandanbolu kukus pandan Foto: detikfood

Terlepas dari perdebatan netizen Indonesia di media sosial, hasil polling di Strait Times menunjukkan bahwa 91% orang memilih cake pandan bukan dari Singapura. Hanya 8,4% yang memilih cake pandan asli Singapura. Bagaimana menurut kamu?

Selain cake pandan dan lapis legit, 'Cakes of The World' yang diunggah CNN pada 3 April 2017 itu juga menobatkan kue dari negara lainnya. Seperti Cheesecake dari Amerika Serikat, sampai Black Forest dari Jerman.



Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)