Kisah Suami Istri Ternak Lele Selama Pandemi, Hasilnya Menguntungkan!

Riska Fitria - detikFood Minggu, 20 Sep 2020 18:00 WIB
Kisah suami istri sukses ternak lele Foto: TikTok @dianajeng.59
Jakarta -

Tak hanya berdiam diri karena pandemi, seorang pengguna TikTok membuktikan bisa tetap mendapat penghasilan karena sukses ternak lele selama di rumah aja.

Pandemi COVID-19 mematikan banyak sektor, termasuk sektor perekonomian. Bahkan karena angka korban yang terus melonjak, semua orang di dunia terpaksa dirumahkan dari pekerjaannya. Tentu saja itu berdampak pada penghasilan rumah tangga setiap orang.

Tak sedikit, rumah tangga yang mengeluh karena ekonominya yang merosot sehingga kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Karenanya diperlukan ide kreatif untuk tetap mendapatkan penghasilan meskipun di rumah aja.

Kisah suami istri sukses ternak leleKisah suami istri sukses ternak lele Foto: TikTok @dianajeng.59

Baca Juga : Polisi di Sulsel Budidaya Ikan Lele dan Hidroponi Untuk Stok Pangan

Seperti yang dilakukan pasangan suami istri yang satu ini. Melalui video yang diunggah di TikToknya dengan akun @dianajeng.59, wanita bernama Diana itu menceritakan kisah suaminya yang sukses ternak lele selama di rumah aja.

"Apa yang kalian lakukan waktu social distancing #dirumahaja kapan hari? Suamiku membuat kolam ikan lele supaya dia gak bosen di rumah," tulisnya dalam video.

Dalam video itu juga terlihat suaminya yang mulai membuat kolam ikan lele yang terbuat dari terpal dan kayu-kayu. Awalnya ia dan suaminya sempat ragu apakah ikan lelenya bisa tetap hidup. Mereka pun berhasil mematahkan pandangan negatif tersebut.

Kisah suami istri sukses ternak leleKisah suami istri sukses ternak lele Foto: TikTok @dianajeng.59

Untuk modal awal, mereka menyiapkan bibit lele ukuran 5 cm sebanyak 1.000 ekor dengan harga Rp 500.000. Sementara untuk kolamnya ia menggunakan terpal dan kayu bekas milik tetangganya.

Mereka mulai mengisi air di kolam, kemudian memasukan benih-benih ikan lele. Dalam video, Diana juga mengatakan bahwa suaminya merawat lele-lele tersebut dengan sepenuh hati. Suaminya juga rutin memberikan makan untuk lele-lelenya.

Lebih lanjut, Diana juga mengatakan bahwa untuk pakan lelenya mereka hanya memanfaatkan sisa sayur dan nasi. Perawatan ikan lele juga dilakukan dengan menguras kolam sekali dalam seminggu.

Kisah suami istri sukses ternak leleKisah suami istri sukses ternak lele Foto: TikTok @dianajeng.59

"Air kolamnya gak mengalir. Seminggu sekali dikuras. Suami membangun pipa di bawah tanah dan kolam untuk menguras air. Air kurasan kolam dialirkan ke kebun," tulis Diana.

Setelah tiga bulan diternak, Diana menyebut bahwa ikan lelenya sudah bisa dipanen. Tampak juga dalam video ukuran ikan lelenya terbilang besar. Kesuksesan Diana dan suami saat ternak lele ini berhasil menginspirasi netizen.

"Wah menginspirasi nih. Biar tetap produktif selama di rumah aja, gak ngajedog aja di rumah. Kira-kira kalau mau beli benih ikan lele dimana ya?," tulis komentar netizen.

"Hebat masnya, waktu tidak terbuang dengan melakukan hal yang positif di rumah," tulis netizen lainnya.

Baca Juga : Ikut Budi Daya Lele, Wanita Ini Bilang Suaminya Jadi Jarang Marah



Simak Video "Menjajal Martabak Manis Tradisional di Bogor "
[Gambas:Video 20detik]
(raf/adr)