5 Kisah Sukses Jadi Petani, Mantan Preman hingga Lulusan UGM

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 19 Sep 2020 08:00 WIB
Kisah Sukses Jadi Petani, Mantan Preman hingga Lulusan UGM Foto: Twitter @aryprasetyo85
Jakarta -

Lima orang ini sukses jadi petani usai pilih serius menekuninya. Dari mantan preman, manajer di perkantoran, hingga lulusan universitas ternama.

Profesi petani identik 'ndeso' alias tak kekinian karena mengharuskan seseorang menggarap sawah hingga memanen padi atau sayuran. Nyatanya hal itu hanya stereotip yang diberikan masyarakat. Petani merupakan profesi mulia yang membantu menjaga ketersediaan pangan di tengah masyarakat.

Saat ditekuni serius, profesi petani memberi banyak keuntungan. Disamping berupa penghasilan uang/gaji, ada keuntungan lain berupa kesenangan batin karena bisa merawat padi, sayur, atau buah hingga berguna bagi orang banyak.

Lima orang ini mantap menekuni profesi sebagai petani. Masing-masing punya cerita menarik soal alasan di balik mau menjadi petani hingga ladang yang mereka garap.

detikFood merangkum informasinya seperti berikut:

1. Mantan office boy jadi petani

Kisah Sukses Jadi Petani, Mantan Preman hingga Lulusan UGMKisah Sukses Jadi Petani, Mantan Preman hingga Lulusan UGM Foto: YouTube capcapung

Raga adalah mantan office boy (OB) yang sukses jadi petani. Dikutip dari YouTube CapCapung, Raga mengatakan pilih jadi petani untuk mendapat pemasukan yang lebih besar. Pasalnya gaji sebagai OB perusahaan tidaklah besar.

Akhirnya pada 2016, Raga putuskan berhenti jadi OB dan serius menekuni profesi petani. Ia menggarap lahan sang mertua. Pria asal Bantul ini lantas belajar menanam bawang hingga cabai.

Siapa sangka ia mendapat keuntungan besar dari menjadi petani. Jika dirata-rata, Raga mengantongi Rp 10-15 juta per bulan. "Alhamdulillah, bisa bangun rumah. Istilahnya menyenangkan istri dan anak-anak," kata Raga.

Baca Juga: Mantan OB Jadi Petani, Sebulan Penghasilannya Rp 15 Juta

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Review Jajanan UMKM Bandung"
[Gambas:Video 20detik]