Hebat! Anak Muda Lulusan UGM Ini Pilih Jadi Petani, Ini Kisahnya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 16 Jul 2020 10:30 WIB
Hebat! Anak Muda Lulusan UGM Ini Pilih Jadi Petani, Ini Kisahnya Foto: Twitter @tanikelana
Jakarta -

Profesi petani biasanya kurang diminati anak muda, namun lulusan Fisipol UGM ini justru meminatinya. Ada kisah menarik hingga ia mantap pilih jadi petani.

Dipa melalui akun Twitter @tanikelana bercerita soal kisahnya menjadi petani. Meski bukan profesi yang diminati kebanyakan anak millennial seusianya, Dipa optimis memilih petani sebagai profesi impiannya.

Cerita Dipa jadi petani ia tuangkan di utas (thread) Twitter @tanikelana yang saat ini sudah mendapat lebih dari 45 ribu likes. Dipa mengatakan perjalanannya menjadi petani baru dimulai Januari 2020 saat ia pilih pulang kampung.

Tak butuh waktu lama, tepatnya Maret 2020 ia bulatkan tekad untuk terjun langsung ke kebun dan ladang. Dipa membawa cangkul untuk menggarap lahannya.

Berikut cerita Dipa, anak muda lulusan UGM yang pilih profesi sebagai petani:

1. Minat jadi petani muncul saat dirinya masih kuliah

Hebat! Anak Muda Lulusan UGM Ini Pilih Jadi Petani, Ini KisahnyaHebat! Anak Muda Lulusan UGM Ini Pilih Jadi Petani, Ini Kisahnya Foto: Twitter @tanikelana

Pria 22 tahun ini sudah memiliki minat jadi petani sejak kuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta. Ia bergabung dengan komunitas @sektimuda yang merupakan wadah belajar bersama tentang pertanian alami. Dipa mempelajari banyak hal seperti cara buat pupuk hingga pestisida nabati langsung pada petani.

"Aku belajar dengan Pak Udik, salah satu guru yg sering mengajarkan tentang nutrisi dan cara buat pupuk organik cair untuk tanaman," tulisnya di Twitter. Dipa bersama teman-teman komunitasnya bahkan melakukan kunjungan langsung ke petani.

Salah satunya ke Bantul untuk bertemu praktisi pertanian bernama Pak Daliman. "Setelah banyak ketemu petani, belajar nanam di kos, jiwa bertaniku yang dipupuk sejak kecil karena main harvestmoon makin menjadi. Di situ aku makin yakin, cita-citaku adalah jadi seorang petani," tulisnya pada utas 12 Juni 2020.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Icip-icip dan Intip Pembuatan Timlo Khas Solo"
[Gambas:Video 20detik]