Koki Ini Terancam Dipecat Karena Bagikan Resep Masakan Restoran di TikTok

Riska Fitria - detikFood Jumat, 18 Sep 2020 14:30 WIB
Ditegur karena bagikan resep makanan di TikTok Foto: _jahkt/TikTok
Jakarta -

Membagikan resep masakan melalui video TikTok, seorang koki di sebuah restoran di Inggris terancam kehilangan pekerjaannya.

Saat ini TikTok tengah menjadi 'The King of Social Media'. Banyak konten yang dibagikan melalui TikTok, salah satunya adalah konten berbagi resep masakan. Bahkan tak jarang tren kuliner berawal dari resep-resep yang dibagikan melalui TikTok.

Seorang pria di Inggris ini pun tak mau ketinggalan untuk berbagi resep makanannya di TikTok. Pria tersebut bernama J Salsa yang bekerja sebagai koki di restoran Wetherspoons. Wetherspoons merupakan sebuah pub yang berbasis di Wattford, Inggris.

Ditegur karena bagikan resep makanan di TikTokDitegur karena bagikan resep makanan di TikTok Foto: _jahkt/TikTok

Baca Juga : Sedih! 5 Pegawai Ini Dipecat Hanya Karena Masalah Makanan

Melalui akun TikToknya @_jahkt, ia sering membagikan momen di dapur tempat ia bekerja. Seperti dalam sebuah video, ia memperlihatkan bahwa menu goreng-gorengan di restoran hanya dihangatkan menggunakan microwave.

Padahal selama ini, pelanggan mempercayai bahwa menu goreng-gorengan tersebut digoreng utuh dan disajikan hangat-hangat. Tak hanya itu, J Salsa juga membagikan beberapa resep makanan yang menjadi menu andalan di restoran tempat ia bekerja.

Diantaranya ada resep kentang goreng, panini, hingga menu olahan ayam lainnya. Video resepnya tersebut diunggah secara berkala. Dan kini ia tak bisa lagi membagikan resep makanan karena mendapat teguran dari atasannya.

Ditegur karena bagikan resep makanan di TikTokDitegur karena bagikan resep makanan di TikTok Foto: _jahkt/TikTok

Menurut atasannya, apa yang dilakukan J Salsa telah melanggar kebijakan perusahaan. Dilansir dari Mirror (15/09) J Salsa diskors karena video TikToknya. Lebih lanjut, pihak restoran juga tengah mengadakan rapat disipliner untuk memutuskan apakah J Salsa harus dipecat atau tidak.

"Saya mengerti itu adalah kesalahan. Tapi saya tidak bermaksud untuk merugikan pihak perusahaan. Saya diskors sampai rapat disipliner untuk tahu kelanjutannya, apakah saya dipecat atau tidak," ujar J Salsa.

Ditegur karena bagikan resep makanan di TikTokDitegur karena bagikan resep makanan di TikTok Foto: _jahkt/TikTok

Kejadian serupa juga pernah dialami oleh seorang wanita yang bekerja sebagai pelayan di restoran Chick-fil-A yang berada di California, Amerika Serikat. Wanita bernama Ana harus kehilangan pekerjaannya setelah membagikan tips pesan minum dengan harga diskon di TikTok, lapor Insider (21/08).

Wanita itu merasa pemecatan dirinya tidak adil. Sebab seharusnya restoran tempat ia bekerja berterimakasih karena telah memberikan publisitas secara gratis. Dengan video tips pesan minum dengan harga diskon juga bisa menarik pelanggan lebih banyak.

@_jahkt

i'm sorry Tim Martin🙏🏽 ##fyp ##spoons ##PerfectAsIAm ##foryou

♬ original sound - _jahkt

Baca Juga : Bagikan Tips Pesan Minum dengan Harga Diskon, Pelayan Restoran Ini Dipecat



Simak Video "Masak Masak: Resep Pangsit Terlanjur Viral yang Menggoyang Lidah"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)