5 Olahan Mie Korea yang Nikmat, Japchae hingga Budae Jjigae

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 17 Sep 2020 18:30 WIB
5 Mie Khas Korea Foto: iStock

3. Jjajangmyeon

5 Mie Khas Korea5 Mie Khas Korea Foto: iStock

Jjajangmyeon termasuk mie khas Korea Selatan yang sangat populer. Mie ini diberi siraman pasta kedelai hitam dan banyak bermunculan di drama Korea. Adegan menyantap mie hitam Korea ini juga kerap bikin pecinta drama jadi tergiur.

Tapi sebenarnya jjajangmyeon bukanlah asli dari Korea, melainkan paduan dari budaya China. Untuk memesan jjajangmyeon, biasanya orang Korea akan pergi ke restoran China di sekitar mereka.

Satu porsi jjajangmyeon disajikan dengan siraman pasta kedelai hitam yang dicampurkan kentang, bawang bombai, jamur, hingga daging. Di atasnya biasanya diberikan topping irisan timun dan taburan biji wijen. Makin enak dsisantap dengan kimchi dan danmuji (acar lobak Korea).

4. Milmyeon

5 Mie Khas Korea5 Mie Khas Korea Foto: iStock

Milmyeon merupakan olahan mie khas Korea yang serupa dengan naengmyeon (mie dingin khas Korea Utara). Kalau naengmyeon mienya terbuat dari tepung buckwheat (gandum hitam), sedangkan milmyeon terbuat dari tepung gandum biasa.

Mie khas Korea Selatan ini asalnya dari Busan. Disajikan dengan kuah kaldu dingin dan topping irisan timun, lobak, telur rebus, dan irisan daging sapi. Kalau kurang dingin biasanya ditambahkan es batu.

Milmyeon juga banyak dikreasikan dengan tambahan bahan makanan khas Korea lainnya. Seperti mul-milmyeon yang rasanya pedas hingga bibimyeon yang menggunakan gochujang (pasta cabai Korea).

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Gurih Nikmat Soto Mie Bogor Ala Mang Ohim"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com