5 Olahan Mie Korea yang Nikmat, Japchae hingga Budae Jjigae

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 17 Sep 2020 18:30 WIB
5 Mie Khas Korea Foto: iStock
Jakarta -

Tak hanya populer dengan Korean BBQ-nya, negeri ginseng juga terkenal dengan aneka ragam olahan mie lezat. Seperti japchae hingga budae jjigae.

Selain dikenal dengan musik K-Pop dan serial dramanya, Korea Selatan juga terkenal dengan makanannya yang lezat. Walaupun bumbu yang digunakan sangat minimalis, tapi cita rasa makanan mereka digemari banyak orang.

Salah satu negara yang orang-orangnya banyak menyukai makanan Korea adalah Indonesia. Di sini juga banyak tersebar restoran khas Korea, mulai dari kaki lima hingga gerai besar.

Tak hanya BBQ-nya saja yang populer, tapi olahan mienya juga tak kalah enak. Dilansir dari Taste Atlas (12/9), ada beragam mie khas Korea yang populer.

Berikut 5 mie khas Korea yang lezat:

1. Japchae

5 Mie Khas Korea5 Mie Khas Korea Foto: iStock

Mie ala Korea Selatan yang pertama adalah japchae. Berupa olahan suun khas Korea yang rasanya gurih. Proses memasaknya ditumis dan hampir mirip dengan tumis suun di Indonesia.

Hanya saja japchae tak dimasak dengan kecap manis, melainkan kecap asin dan gula pasir karena itu rasanya cenderung gurih. Japchae biasanya juga dicampurkan dengan aneka sayur seperti bawang bombai, wortel, sawi putih hingga jamur.

Tambahan irisan daging sapi tipis dan panjang membuat rasanya jadi gurih enak. Saat disajikan biasanya diberikan topping irisan telur dadar. Biasanya japchae ini jadi banchan (lauk) nasi putih.

Baca Juga: Mulur Gurih Japchae, Suun Khas Korea untuk Lauk Makan Siang

2. Kalguksu

5 Mie Khas Korea5 Mie Khas Korea Foto: iStock

Kalau tak suka mie dengan bumbu yang medok, kalguksu khas Korea Selatan bisa jadi andalan. Karena hanya mengandalkan kaldu bening dari rebusan seafood. Seperti kerang, ikan teri, dan rumput laut.

Rasa gurih kaldu seafood saat dipadukan dengan mulurnya mie telur khas Korea Selatan terasa pas. Tak hanya disajikan dengan kuah kaldu saja, ada juga potongan timun dan wortel. Beberapa restoran juga biasanya menambahkan potongan seafood di atasnya.

Tak lengkap rasanya kalau kalguksu tak disantap dengan aneka kimchi. Biasanya disediakan banchan berisikan potongan cabai, kimchi sawi putih, dan lobak. Kalguksu sangat populer sebagai hidangan musim panas.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Adu Paling Enak Antara 3 Soto Mie Bogor Kawasan Jakarta Pusat"
[Gambas:Video 20detik]