Beragam Alasan Netizen Kenapa Tak Mau Makan Kepala Ayam

Devi Setya - detikFood Rabu, 16 Sep 2020 19:00 WIB
Alasan Orang Ogah Makan Kepala Ayam Foto: iStock
Jakarta -

Bagian kepala dan ceker ayam punya penggemarnya sendiri. Khusus bagian kepala, ternyata banyak juga yang ngeri menyantapnya. Netizen pun membagikan alasannya.

Sebagian besar orang ogah makan kepala ayam, alasannya beragam, mulai dari jijik hingga takut. Namun ada juga yang beralasan bingung dan tak tahu cara makan kepala ayam.

Netizen punya banyak jawaban kocak, bahkan salah satu penggemar kepala ayam memberi tutorial dan cara menikmati kepala ayam. Cuitan yang diunggah akun twitter @ffoodfess ini mendapat perhatian banyak netizen, padahal tema dan pembahasannya sederhana seputar kepala ayam.

Alasan Orang Ogah Makan Kepala AyamAlasan Orang Ogah Makan Kepala Ayam Foto: twitter @ffoodfess

"Sebutin alesan kenapa kalian gasuka kepala ayam
Btw met makan siang fess," tulis admin akun ini pada cuitan tanggal 14 September 2020.

Puluhan netizen langsung memenuhi kolom komentar. Mayoritas netizen mengaku ogah makan kepala ayam karena bentuknya menyeramkan. Uniknya, ada yang beralasan takut kalau saat digigit, ayamnya bisa hidup lagi. Tentu saja ini hanya khayalan semata karena tidak mungkin ayam yang sudah dimasak bisa hidup kembali.

"Karena ga pernah makan dari kecil ga biasa pas tau orang makan kepala ayam langsung bingung itu gimana. Sama kayak usus+kulit ayam. Dari kecil kepala, usus dan kulit selalu dibuang sebelum diolah makanya ga suka sampe sekarang. Karena ga terbiasa," beber netizen yang sama sekali belum pernah makan bagian kepala ayam.

"Pertama, nggak ngerti cara makannya. Kedua, jijik karena merasa diliatin si ayam pas lagi makan, haha," beber netizen.

Tak sedikit yang punya pengalaman menyebalkan soal kepala ayam, bahkan ada yang merasa trauma. "Ga berani megangnya. Dulu pernah ngambil ayam goreng ku kira paha palanya gede bgt lagian, lngsng refleks ku lempar karna kaget ada matanya abistu dimarah mamak emg kepala ayam ni ngselin," beber orang yang trauma.

Tapi dari banyaknya netizen yang tak suka kepala ayam, justru ada yang membeberkan sangat suka ngemil kepala ayam. Ada yang mengaku seru makan kepala ayam, dan ada juga yang mengatakan bagian otak dan mata ayam rasanya enak.

"Aku sih sukaaa. Sayur bayem dan kepala ayam, menu waktu kecil banget wkwk keluargaku sering masak itu. Tapi suamiku gak suka, kata doi sih gak ada dagingnya. Padahal perjuangan gigitin daging yang nempel di lehernya tuh yang bikin sensasi nikmat ga sih. Hahaha," beber satu netizen.

Satu netizen bahkan membagikan tutorial cara makan kepala ayam. "Putusin dulu kepala sama lehernya. Makan lehernya. Makan kepalanya dari bawah/rahangnya. Makan bagian terenaknya, mata sama otaknya," beber netizen.

Kepala ayam memang tidak sepopular bagian cekernya, selain soal rasa ternyata kepala ayam juga tidak disarankan untuk dimakan. Pada bagian kepala ayam terdapat bahan kimia hasil akumulasi dari vaksin yang diberikan pada ayam semasa hidup.

Obat-obatan anti bakteri ini menumpuk dan tersimpan pada bagian kepala ayam khususnya bagian otak. Dengan mengonsumsi kepala ayam, dikhawatirkan bahan kimia akan berpindah dan mengganggu kesehatan tubuh.



Simak Video "Ayam Dimasak Campur Brem, Gimana Jadinya?"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)