Mantan Manager Hotel Ini Sukses Jualan Donat Durian Pengat

Riska Fitria - detikFood Kamis, 17 Sep 2020 09:00 WIB
Mantan manager hotel sukses jualan donat durian pengat Foto: Serene Tay
Jakarta -

Mantan manager Hotel di Singapura ini sukses jualan donat durian pengat gaya Italia. Teksturnya empuk seperti 'bantal hotel'.

Serene Tay, seorang wanita di Singapura yang merupakan mantan manager hotel. Dulu ia bekerja di Hotel Raffles City Convention Center di Singapura. Namun, kini ia banting setir menjadi penjual donat. Donat yang ditawarkan adalah donat dengan gaya Italia atau yang lebih dikenal dengan sebutan bomboloni.

Sajian donatnya juga unik, karena diisi dengan durian pengat yang lembut, manis dan creamy. Durian pengat adalah makanan penutup tradisional yang terbuat dari daging buah durian, santan, gula aren dan daun pandan. Tampilannya lembut seperti bubur.

Mantan manager hotel sukses jualan donat durian pengatMantan manager hotel sukses jualan donat durian pengat Foto: Serene Tay

Durian pengat sering ditemukan dalam masakan Melayu, Peranakan dan Indonesia. Nah, jenis durian yang dipakai oleh Serena adalah durian d24. Bisnis donat durian pengatnya tersebut dinamakan Welovedelish. Donat buatannya itu memiliki tekstur yang empuk dan lembut, karenanya Serena menyebut menu donatnya itu dengan sebutan 'donat bantal hotel'.

Baca Juga : Mengintip Proses Pembuatan Donat Aneka Topping di Industri Rumahan

"Saya pernah bekerja di hotel, jadi saya merasa donat buatan saya seperti bantal empuk ketika saya menggigitnya. Yang terpenting, adonan donat tidak boleh keras dan kaku," ujar Serena Tay, seperti yang dikutip dari 8Days.sg (13/09).

Donat durian pengatnya tersebut bersertifikat halal. Serena menceritakan bahwa ketertarikannya pada bisnis donat adalah karena ia tumbuh dikelilingi oleh pembuat donat. Keluarganya juga memiliki bisnis grosir yang memasok donat klasik ke toko-toko roti.

Mantan manager hotel sukses jualan donat durian pengatMantan manager hotel sukses jualan donat durian pengat Foto: Serene Tay

Sebenarnya ia terlibat dalam bisnis keluarganya tersebut untuk menangani masalah admin, akuntansi, perencanaan, strategi marketing dan SDM. Namun, Serena menyebut bahwa dirinya tidak mudah puas, karenanya ia memutuskan untuk membuat bisnis donat sendiri.

Serena memilih membuat donat jenis bomboloni karena ia tak mau bersaing dengan donat klasik. Donat-donat tersebut digoreng dengan sedikit minyak sayur. Donatnya padang, kokoh dan benar-benar seperti bantal hotel. Ternyata ada teknik tertentu yang dilakukan Serena untuk membuat tekstur donatnya menjadi empuk.

Mantan manager hotel sukses jualan donat durian pengatMantan manager hotel sukses jualan donat durian pengat Foto: Serene Tay

"Kami memiliki langkah ekstra untuk membuatnya. Kami pakai saringan dan mesin untuk mengembangkan adonan, jadi teksturnya lebih lembut, sehingga pas digoreng langsung mengembang," ujar Serena.

Donat tersebut dijual dalam kotak kemasan dengan isian minimal 8 buah. Selain donat durian pengat, Serena juga menawarkan donat varian lainnya, seperti Strawberry, Chocolate Ganache, Passionfruit Mango Curd dan Matcha.

Baca Juga : Belah Doeren: Legit Manis Mille Crepes dan Chewy Choux Isi Durian



Simak Video "Di Kafe Ini, Donat Kampung Disulap Jadi Kekinian"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)