Heboh Artis Bollywood Minum Urin Sapi, Ini Khasiat Sehatnya

Devi Setya - detikFood Rabu, 16 Sep 2020 07:00 WIB
Cows grazing on pasture, landscape Foto: iStock

4. Bersifat sebagai obat cacing


Urin sapi memiliki kandungan anthelmintik yang membantu menghilangkan parasit usus pada manusia. Zat alami tersebut lebih efektif dibandingkan dengan piperazine citrate, obat yang umumnya digunakan untuk mengobati infeksi cacing.

Meskipun terkesan jorok dan menjijikan, urin sapi membantu membasmi cacing pita atau parasit cacing gelang usus lainnya. Urin sapi bahkan secara tradisional membantu mengobati efek keracunan dan menetralkan racun.

Dalam buku pengobatan herbal Ayurveda, urin sapi punya efek anti-racun. Ini menyatakan bahwa urin sapi membantu membunuh berbagai jenis racun. Di sini juga menyebutkan urin sapi bisa diandalkan untuk memurnikan bahan kimia beracun.

5. Kandungan urin sapi

Manfaat Minum Urin SapiManfaat Minum Urin Sapi Foto: Getty Images/iStockphoto/microgen


Menurut International Journal of Research, urin sapi mengandung senyawa seperti natrium, besi, mangan, klorin, silikon, magnesium, asam tartarat, kalsium, vitamin (A, B, C, D, E), laktosa, mineral, nitrogen, dan kreatinin.

Urine sapi memang memiliki segudang manfaat tetapi bisa berbahaya bila digunakan dalam formulasi yang salah. Urin sapi diketahui untuk meningkatkan keefektifan obat atau ramuan tetapi bisa berbahaya bila digunakan sebagai bahan utama. Jadi jangan pernah mencoba untuk mengonsumi urin sapi secara sembarangan.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Masak Masak: Resep Gulai Tunjang"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com