Heboh Artis Bollywood Minum Urin Sapi, Ini Khasiat Sehatnya

Devi Setya - detikFood Rabu, 16 Sep 2020 07:00 WIB
Cows grazing on pasture, landscape Foto: iStock

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buku-buku kuno yang berkaitan dengan Ayurveda menyatakan bahwa konsumsi urin sapi setiap hari meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit sebesar 104 persen. Urine sapi juga membantu meningkatkan respons kekebalan sistem kekebalan tubuh.

Urin sapi juga tercatat memiliki sifat anti inflamasi yang membantu meredakan rasa sakit sekaligus mengobati luka dengan lebih cepat.
Sebuah penelitian mengungkap urin sapi dengan efektif memperbaiki kontraksi luka serta meningkatkan pembentukan jaringan pada luka sehingga lebih mudah sembuh. Penelitian ini dilakukan pada tikus, butuh studi lebih lanjut untuk membuktikan tingkat efektifitas urin sapi untuk penyembuhan luka pada manusia.

3. Ampuh mencegah diabetes dan kanker

Manfaat Minum Urin SapiManfaat Minum Urin Sapi Foto: Getty Images/iStockphoto/microgen

Urin sapi memiliki efek anti-diabetes. Dalam sebuah penelitian menunjukkan penurunan kadar gula darah yang signifikan, meskipun penurunannya lebih kecil dari glyburide (obat diabetes). Dari penelitian juga disimpulkan bahwa urin sapi tidak menunjukkan adanya toksisitas walaupun diberikan berkali-kali.

Antioksidan pada urin sapi juga diketahui bertanggung jawab untuk aktivitas anti kanker. Konsumsi urin sapi mengurangi kerusakan oksidatif dan mencegah proliferasi sel. Hal ini juga berpengaruh pada kekebalan yang baik untuk pencegahan penyakit kronis seperti kanker.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Resep Gulai Tunjang"
[Gambas:Video 20detik]


Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com