Waduh! Keluarga Ini Temukan Bangkai Kelelawar di Dalam Kaleng Saus Tiram

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 15 Sep 2020 19:00 WIB
Waduh! Keluarga Ini Temukan Bangkai Tikus di Dalam Kaleng Saus Tiram Foto: Daily Mail UK
Jakarta -

Keluarga di China ini sangat terkejut ketika menemukan bangkai kelelawar. Tepat di dalam kaleng saus tiram yang sudah mereka pakai masak selama tiga bulan.

Setelah sebelumnya satu keluarga di China menemukan bangkai kelelawar di sup. Kini kejadian serupa kembali terjadi. Hanya saja kejadian pada saus tiram kalengan.

Baca Juga: Populer Jadi Makanan Enak, Daging Kelelawar Laris Manis di 5 Negara Ini

Dilansir dari Daily Mail UK (15/09), keluarga Guo asal Jinan, China, awalnya membeli 6 kilogram saus tiram dari Haitian. Haitian merupakan brand populer yang memasarkan aneka saus dan bumbu di China.

Waduh! Keluarga Ini Temukan Bangkai Tikus di Dalam Kaleng Saus TiramWaduh! Keluarga Ini Temukan Bangkai di Dalam Kaleng Saus Tiram Foto: Daily Mail UK

Awalnya tidak ada yang aneh dan keluarga itu terus menggunakan saus tiram tersebut untuk memasak. Namun setelah tiga bulan, sang ibu menemukan bangkai kelelawar utuh ketika menyendok saus tiram tersebut untuk dimasak.

Lewat video singkat yang viral di media sosial, terlihat bangkai kelelawar utuh yang dilumuri saus tiram berwarna kecokelatan di dalam kaleng tersebut.

Menurut Guo, keluarganya tidak bisa makan apapun selama beberapa hari setelah menemukan bangkai kelelawar. Apalagi kelelawar itu ditemukan di bagian dalam kaleng saus tiram, di mana keluarga Guo sudah mengonsumsinya sebagai bumbu masak selama tiga bulan.

Waduh! Keluarga Ini Temukan Bangkai Tikus di Dalam Kaleng Saus TiramWaduh! Keluarga Ini Temukan Bangkai di Dalam Kaleng Saus Tiram Foto: Daily Mail UK

"Saat itu ibu saya tengah memasak dan ia tidak bisa mengambil saus tiram dengan sendok. Di sanalah kami menemukan bangkai hewan yang mirip burung dan aroma tak sedap," jelas Guo.

Namun setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata bukan bangkai burung yang mereka temukan melainkan kelelawar.

Mereka langsung mengembalikan saus tiram itu ke toko tempat mereka membelinya. Guo percaya bahwa kelelawar itu sudah berada di dalam kaleng sejak di pabrik, ketika proses pengemasan.

"Saya selalu menutup rapat saus tiram setelah menggunakannya. Jika memang kelelawar itu baru masuk, posisinya tidak akan mungkin berada di bagian paling bawah kaleng. Karena saus tiram teksturnya sangat lengket," jelas Guo.

Menanggapi hal ini, perwakilan dari Haitian menyanggah pengakuan Guo. Mereka menyebutkan bahwa semua saus tiram sudah melalui beberapa proses pengecekan sebelum dipasarkan.

Waduh! Keluarga Ini Temukan Bangkai Tikus di Dalam Kaleng Saus TiramWaduh! Keluarga Ini Temukan Bangkai di Dalam Kaleng Saus Tiram Foto: Daily Mail UK

"Ini merupakan penemuan yang mustahil. Produk kami selalu dicek kualitasnya, tidak mungkin ada seekor bangkai kelelawar utuh di dalam sana," ungkap perwakilan Haitian.

Pihak Haitian bersedia bertanggung jawab penuh atas kejadian ini jika Guo dan keluarganya bisa menghadirkan bukti kuat dari penemuan mereka.

"Kelelawar memiliki begitu banyak virus. Keluarga saya sudah mengonsumsi saus tiram ini selama 3-4 bulan. Saya menuntut agar perusahaan membawa seluruh keluarga saya untuk diperiksa kesehatannya di rumah sakit," jelas Guo yang berencana meminta analisa dari pihak lain tentang kasus ini.

Penemuan kelelawar ini dianggap mengkhawatirkan, setelah kelelawar dipercaya sebagai salah satu hewan yang menyebarkan virus Corona di Wuhan, China.

Sebelumnya satu keluarga di China juga menemukan bangkai kelelawar di dalam sup babi yang mereka bekukan. Di dalam sup itu terlihat satu ekor kelelawar yang sudah membeku.

Baca Juga: Temukan Bangkai Kelelawar Saat Makan Sup, Keluarga di Wuhan Ini Panik



Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)