Banyak Orang Malas Bersihkan Bekas Makanan Sendiri di Resto Fast Food

Riska Fitria - detikFood Senin, 14 Sep 2020 13:00 WIB
Masih banyak orang yang malas bersihkan bekas makanan sendiri di restoran fast food Foto: TikTok @anissriwulandari
Jakarta -

Beberapa restoran fast food di Indonesia telah menerapkan budaya bersihkan bekas makanan sendiri. Namun, nyatanya kebanyakan orang malas melakukannya.

Sebenarnya restoran fast food itu selalu menerapkan budaya bersihkan bekas makanan sendiri. Budaya itu dapat terlihat di beberapa negara seperti Jepang, Singapura, Hong Kong, Australia dan masih banyak lagi. Indonesia pun mulai mencoba budaya tersebut pada 2018 lalu.

Saat itu sebuah gerai fast food KFC mengampanyekan gerakan #BudayaBeberas setelah selesai makan. Kampanye tersebut justru menimbulkan pro dan kontra. Meskipun demikian kampanye itu masih diterapkan hingga sekarang. Bahkan hal itu diingatkan melalui poster-poster atau tulisan-tulisan yang ditempel di sekitar restoran.

Masih banyak orang yang malas bersihkan bekas makanan sendiri di restoran fast foodMasih banyak orang yang malas bersihkan bekas makanan sendiri di restoran fast food Foto: TikTok @anissriwulandari

Baca Juga : Inspiratif! Turis Jerman Ini Bersihkan Sampah Bekas Makanannya Saat Berlibur di Yogyakarta

Namun, sebuah video yang diunggah oleh akun TikTok bernama @anissriwulandari ini memberi bukti berbeda. Sebagian pengunjung restoran ini masih malas untuk membereskan bekas makanan sendiri ketika makan di restoran fast food.

Dalam video itu tampak, tumpukan-tumpukan sampah bekas makanan tergelak begitu saja di atas meja. Padahal ajakan bersihkan bekas makanan sendiri tertempel di area restoran. Kemudian, terlihat seorang karyawan restoran yang membersihkan bekas makanan pengunjung.

"Setelah makan ditinggal pergi gitu aja. Padahal sudah tertulis jelas. Mulailah membantu hal yang kecil di sekitar kita. Gak ada salahnya kita meringankan pekerjaan orang lain guys," tulisnya dalam video.

Masih banyak orang yang malas bersihkan bekas makanan sendiri di restoran fast foodMasih banyak orang yang malas bersihkan bekas makanan sendiri di restoran fast food Foto: TikTok @anissriwulandari

Video itu menjadi viral dan kembali menjadi perdebatan netizen. Sebagian ada yang kontra dengan mengatakan bahwa membersihkan bekas makanan adalah tugas dari karyawan restoran fast food.

"Bukannya itu harus udah jadi tugas dan tanggung jawab pegawai KFCnya yah?," tulis salah satu netizen.

"Yaampun terus karyawannya tugasnya apa dong," tulis netizen lainnya.

Sementara itu, tak sedikit juga yang sudah mulai mengerti budaya membersihkan bekas makanan sendiri. Banyak dari mereka yang saling mengingatkan untuk menerapkan budaya membersihkan bekas makanan saat di restoran fast food.

Masih banyak orang yang malas bersihkan bekas makanan sendiri di restoran fast foodMasih banyak orang yang malas bersihkan bekas makanan sendiri di restoran fast food Foto: TikTok @anissriwulandari

"Kalau nemu restoran yang ada biaya servis tandanya mereka yang beresin. Karena servis itu nanti masuk ke mereka. Contohnya pesan makanannya disamperin, makanan dianterin pasti selesai makan juga diberesin. Sedangkan restoran yang kayak fast food semacamnya biasanya self service. Jadi pesennya ke counter, tunggu, dan antar sendiri ke meja. Selesai makan harusnya beresin sendiri ya terutama yang alat makan sekali pakai," tulis netizen.

Ada juga netizen yang berkomentar bawa membersihkan bekas makanan sendiri memiliki manfaat tersendiri. Selain bisa meringankan pekerjaan para karyawan restoran fast food, juga bisa untuk membiasakan agar lebih bertanggung jawab dengan diri sendiri.

Lihat postingan ini di Instagram

Siapa disini kalau habis makan selalu di beresin sendiri? Cung 🙏

Sebuah kiriman dibagikan oleh Tante Rempong Asli (@tante_rempong_offficial) pada 9 Sep 2020 jam 8:30 PDT

Baca Juga : Begini Cara Praktis Bersihkan Wadah Makanan yang Berminyak



Simak Video "Masak Masak: Resep Pangsit Terlanjur Viral yang Menggoyang Lidah"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)