Inspiratif! Turis Jerman Ini Bersihkan Sampah Bekas Makanannya Saat Berlibur di Yogyakarta

Riska Fitria - detikFood Jumat, 03 Jan 2020 12:30 WIB
Foto: Instagram @Infocegatan_jogja
Jakarta - Sikap para turis saat berlibur ke Yogyakarta ini menjadi viral, setelah beredar sebuah video yang memperlihatkan mereka menjaga kebersihan dengan menyimpan sampah bekas makanannya.

Tak bisa dipungkiri, saat ini masih banyak yang belum sadar akan kebersihan sampah di lingkungan. Banyak orang yang tanpa rasa bersalah membuat sampah seenaknya.

Sampah bekas makanan merupakan sampah yang paling banyak ditemukan. Biasanya sampah bekas makanan itu banyak datang dari tempat wisata. Apalagi di musim liburan ini, banyak orang yang mengajak keluarganya untuk berlibur bersama ke sebuah tempat wisata.
Inspiratif! Turis Jerman Ini Bersihkan Sampah Bekas Makanannya Saat Berlibur di YogyakartaFoto: Instagram @Infocegatan_jogja

Saat liburan itu tentunya banyak wisatawan yang menghabiskan makanan. Seringkali wisatawan meninggalkan sampah begitu saja, tanpa mau membuangnya ke tempat sampah yang sudah di sediakan.

Namun, berbeda dengan para turis asal Jerman ketika berlibur ke Yogyakarta. Saat itu mereka berencana untuk berlibur dengan mengelilingi Yogyakarta menggunakan mobil. Kemudian, di tengah perjalanan mereka berniat untuk istirahat di sebuah tempat milik warga sekitar.

Baca Juga : 5 Komunitas Ini Kumpulkan Sampah Makanan Sisa, Ada yang Dari Indonesia

Pemilik tempat itu pun langsung mempersilakan para turis tersebut. Para turis itu tampak duduk lesehan sambil menikmati bekal berupa buah-buahan yang mereka bawa. Ketika hendak melanjutkan perjalanan, mereka langsung membersihkan bekas kulit buah yang dimakan untuk dimasukkan ke dalam mobil.
Inspiratif! Turis Jerman Ini Bersihkan Sampah Bekas Makanannya Saat Berlibur di YogyakartaFoto: Instagram @Infocegatan_jogja

PemilIk tempat sudah mengatakan untuk membiarkan saja sampah bekas makanan itu nanti akan dibersihkan olehnya. Namun, salah satu turis menolaknya dengan alasan kebersihan lingkungan. Mereka mengatakan bahwa mereka tidak ingin membuat kotor tempat yang sedang mereka kunjungi.

Kisah turis Jerman yang peduli dengan kebersihan lingkungan itu kemudian menjadi viral setelah videonya diunggah oleh akun instagram bernama @Infocegatan_jogja.

"Bule asal Jerman ini mampir istirahat makan (sarapannya vegetarian) di gubuk saya, dan saya persilahkan. Yang membuat saya heran sampahnya dibawa kembali masuk ke dalam mobil," tulis akun tersebut.
Inspiratif! Turis Jerman Ini Bersihkan Sampah Bekas Makanannya Saat Berlibur di YogyakartaFoto: Instagram @Infocegatan_jogja

Video yang diunggah pada (1/1) itu banyak ditanggapi oleh netizen. Banyak netizen yang mengaku salut dan kagum dengan prilaku turis asal Jerman tersebut.

"Itu patut ditiru. Dibawa balik sampahnya kalau perlu," komentar netizen @dipta_hima88.

"Yang suka buang sampah sembarangan kira-kira malu gak ya?," komentar netizen lainnya @s.lastri_.

Baca Juga : Pasangan Ini Makan 'Sampah' Demi Berhemat Rp 2,9 Juta Tiap Bulan

Simak Video "Bikin Laper: Icip-icip Masakan Khas Pekalongan"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)