Makan di Resto Jepang Netizen Ini Browsing Cara Pakai Sumpit

Riska Fitria - detikFood Rabu, 09 Sep 2020 15:30 WIB
Netizen ini browsing cara pakai sumpit Foto: TikTok @iramakbarrr
Jakarta -

Makan di restoran Jepang, pria ini browsing tutorial cara pakai sumpit saat makan ramen. Karena ia tak bisa pakai sumpit. Aksinya dapat komentar lucu netizen.

Makan pakai sumpit memang sudah menjadi tradisi di Jepang, Korea dan China. Jadi, ketika berkunjung ke restoran Jepang manapun biasanya disediakan sumpit sebagai alat makan, apalagi untuk menu ramen. Namun, banyak orang Indonesia tak mahir makan pakai sumpit.

Seperti yang dialami oleh seorang pria. Dalam sebuah video yang diunggah di TikTok dengan akun @iramakbarrr, ia menceritakan pengalaman makan di restoran Jepang bersama dengan kawannya yang tidak bisa memakai sumpit.

Netizen ini browsing cara pakai sumpitNetizen ini browsing cara pakai sumpit Foto: TikTok @iramakbarrr

Baca Juga : Jarang Masak dan Pakai Sumpit, Fakta Menarik Budaya Kuliner Thailand

Temannya tersebut merupakan seorang wibu atau sebutan untuk pencinta kebudayaan Jepang. Di restoran Jepang itu, ia memesan menu Ramen Konoha. Semangkuk ramen lengkap dengan telur rebus pun disajikan di atas mejanya.

Namun, ada yang aneh dari tingkah temannya tersebut. Ia tampak kebingungan, celingak-celinguk antara melihat handphone sambil berulang kali membetulkan posisi tangan saat memegang sumpit. Tingkahnya itu membuat curiga, dan ketika handphonenya diambil, ternyata ia sedang browsing tentang cara menggunakan sumpit.

"Pas mau makan gerakan-gerakannya aneh dan bingung keluar. Sampai akhirnya gue ambil HPnya. Dia searching cara pakai sumpit," tulisnya dalam video.

Netizen ini browsing cara pakai sumpitNetizen ini browsing cara pakai sumpit Foto: TikTok @iramakbarrr

Video itu menjadi viral setelah dibagikan ulang oleh akun Instagram @mimincintah. Berbagai tanggapan netizen pun memenuhi kolom komentar. Ada yang ngakak, ada juga yang merasa senasib dengan pria tersebut.

"Hahah ngakak banget sempet-sempetnya browsing dulu," tulis netizen.

"Ini mah gue banget. Tapi saya tim garpu sih," tulis netizen lainnya.

Netizen ini browsing cara pakai sumpitNetizen ini browsing cara pakai sumpit Foto: TikTok @iramakbarrr

Melihat dari kolom komentar ternyata tak sedikit yang juga tidak bisa makan pakai sumpit. Dilansir dari WikiHow, ini cara menggunakan sumpit yang benar:

1. Ambil sumpit pertama dan genggam menggunakan jari tengah dan ibu jari. Ini adalah bagian jangkar yang tidak boleh bergerak.

2. Ambil sumpit kedua dan genggam menggunakan jari telunjuk dan ibu jari. Ini adalah sumpit yang boleh digerakkan.

3. Latihan membuka dan menutup sumpit. Gerakkan sumpit yang digenggam menggunakan jari telunjuk dan ibu jari. Pastikan ujung sumpit tidak membentuk huruf X.

4. Setelah lancar, kamu bisa mulai mencoba mengambil makanan menggunakan sumpit. Mengambil makanan dengan sudut 45 derajat mungkin akan lebih mudah.

Baca Juga : Yuk, Belajar Etiket Memakai Sumpit! (1)



Simak Video "Kepoin Dear Butter, Kue Viral Manis Krenyes"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com