Pria Ini Berhasil Panen Tomat Jumbo 3 Kg dengan Bantuan Legging

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 09 Sep 2020 12:30 WIB
Tomat jumbo Foto: SWNS
Jakarta -

Tomat jumbo ini disebut-sebut sebagai tomat terbesar di Inggris. Ditanam pria bernama Douglas Smith dengan bantuan legging atau celana ketat!

Dikutip dari LAD Bible (9/9), Douglas menghabiskan lebih dari 2 bulan untuk proses menanam tomat jumbo ini. Beratnya mencapai 3 kg atau kira-kira 6 kali lebih besar dari tomat-tomat yang biasa jadi pelengkap beef steak di Inggris.

Tomat jumbo ini merupakan varietas Big Zac. Dalam menanamnya, Douglas menggunakan bantuan legging supaya tomat tidak jatuh dari tangkai saat ukurannya semakin besar. Ketika dipanen, tomat jumbo yang ia besarkan memiliki diameter hampir 70 cm!

Tomat jumboTomat jumbo Foto: SWNS

Tomat ini sekaligus memecahkan rekor tomat terbesar di Inggris sebelumnya. Adalah Peter Glazebrook yang berhasil memanen tomat seberat 2,9 kg tahun lalu. Mengenai kemenangannya, Douglas berujar menanam tomat jumbo memang menjadi ambisinya selama beberapa tahun terakhir.

Baca Juga: Deretan Sayuran Berukuran Jumbo yang Bikin Kamu Takjub

"Tomat jumbo telah menjadi fokus utama saya dalam kompetisi menanam sayuran. Peter Glazebrook memegang dua rekor terakhir untuk tomat terbesar di Inggris, dan usaha saya selalu 'malu-malu.' Tapi kali ini, saya akhirnya berhasil," kata Douglas.

Lalu apa rahasianya? Douglas menjelaskan, "Apa yang ingin Anda tanam adalah bunga yang menyatu, dimana setiap tanaman tomat individual menyatu secara bersamaan. Tomat khusus ini terdiri dari 6 tanaman yang semuanya menyatu.

Tomat jumboTomat jumbo Foto: SWNS

Ia melanjutkan, "Bunga yang menyatu cenderung alami mutasi alami, tapi dengan benih khusus kompetisi seperti yang saya punya, benih-benih ini telah dipilih cermat. Dengan kata lain kemungkinannya tumbuh menyatu lebih tinggi."

Douglas juga menanam tomat jumbo di waktu yang menurutnya tepat, yaitu di akhir musim panas hingga musim gugur. Menurutnya suhu di kedua waktu ini lebih hangat di siang hari dan sejuk di malam hari sehingga cocok untuk pertumbuhan tomat.

"Penting juga untuk memotong bunga lain di tanaman untuk memaksimalkan semua pertumbuhan tomat menjadi satu akar besar," tambah pria berkacamata ini. Untuk benih tomat, ia mendapatkannya dari penanam tomat Amerika Serikat, Larry Hill. Benih itu Hill dapatkan dari tanaman tomat jumbonya yang memiliki berat 3,47 kg.

Douglas lalu merawat tanaman tomatnya dengan saksama. Ia menyirami setidaknya sehari sekali selama lebih dari 2 bulan. Air untuk menyiraminya juga dipadukan campuran cairan rumput laut.

Tomat jumboTomat jumbo Foto: SWNS

Selain itu, Douglas juga memberi 'makan' tanaman berupa kompos teh setiap minggu. Ia meracik sendiri pupuk ini untuk meningkatkan kualitas tanah tempat tomatnya tumbuh.

Ia menambahkan, "Saya benar-benar harus menggantung tomat dengan kain sampai akhir, membuat saya membeli legging untuk menopang buah tomat dan menjaganya supaya tak jatuh dari tangkai."

Lebih jauh lagi Douglas menilai tomat jumbo yang ditanamnya istimewa sebab tumbuh di dalam pot, bukan di tanah. "Saya tidak suka menanam dalam pot, saya lebih suka menanam sesuatu di tanah. Tapi salah satu kategori kompetisi tanaman terbesar adalah yang tumbuh di pot kecil. Tomat ini tumbuh dalam pot 18,9 liter yang membuat ukurannya semakin menakjubkan," tutup Douglas.

Baca Juga: Wah! Disney World Bikin Kebun Sayur dan Buah Ukuran Jumbo



Simak Video "Yuk Buat Brownies Tomat, Lezat dan Pasti Sehat!"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)