Wah! Disney World Bikin Kebun Sayur dan Buah Ukuran Jumbo

Dewi Anggraini - detikFood Minggu, 26 Agu 2018 13:30 WIB
Foto: Istimewa
Orlando - Ada banyak hal 'ajaib' di Disney World. Taman bermain itu membuat kebun khusus yang berisi sayur dan buah ukuran jumbo!

Baru-baru ini Disney World wilayah Orlando, Florida membuat sebuah greenhouse unik. Bangunan kebun berlapis kaca itu berisi tanaman buah dan sayuran berukuran jumbo.

Kebun tersebut mirip seperti Wonka Wonderland. Hanya saja berisi sayuran dan buah-buahan. Letaknya ada di dalam Epcot tepatnya di Living Off The Land. Yang paling menyita perhatian pengunjung ialah winter melon.

Wah! Disney World Bikin Kebun Sayur dan Buah Ukuran JumboFoto: Istimewa

Baca juga: Romantis! 12 Restoran di Disney Park Ini Cocok Dikunjungi Bareng Si Dia

Melon itu rata-rata memiliki berat sebesar 80 pon alias 36 kg. Melon jumbo itu merupakan hasil praktik pertanian yang dilakukan oleh tim pengelola. Berdasarkan keterangan Les Frey, seorang horticulturalist dan Manager Program Mahasiswa Ilmu Pertanian di Epcot, semua tanaman yang ada masuk dalam varietas yang tumbuh alami.

"Kami menyediakan lingkungan tumbuh yang optimal bagi tanaman kami agar mereka (tumbuhan) bisa mencapai puncak potensi tumbuh mereka," jelas Les Frey.

Hidroponik jadi bagian terpenting untuk memberikan lingkungan optimal bagi tumbuhan yang ada. Hidroponik sendiri merupakan sistem penanaman dimana air digunakan sebagai media untuk menutrisi tumbuhan dibanding tanah lapor Foodbeast (25/8).

Wah! Disney World Bikin Kebun Sayur dan Buah Ukuran JumboFoto: Istimewa

"Pada dasarnya, tumbuhan membutuhkan lima hal agar tumbuh, dukungan, air, aerasi, nutrisi, dan sinar matahari. Dengan memantau hama, mengendalikan suhu, dan menyediakan nutrisi bagi tanaman sesuai kebutuhan, maka tumbuhan bisa mencapai puncak potensi tumbuh," jelas Les Frey.

Tak heran kalau tanaman yang ditanam melalui sistem hidroponik memiliki ukuran yang cukup besar. Seperti lemon jenis Ponderosa ini. Ukurannya sebesar bola basket dengan berat mencapai 15 pon. Selain itu, ada labu dengan berat mencapai 200 pon (90 kg).

Wah! Disney World Bikin Kebun Sayur dan Buah Ukuran JumboFoto: Istimewa

"Kami juga meraih rekor dunia terkait produksi tomat yang mencapai lebih dari 1150 pound (521 kg) produksi tomat. Tumbuhan lain yang hidup selama 13 bulan dan memproduksi lebih dari 13 ribu buah," tambahnya.

Para pengunjung dapat melihat seluruh tumbuhan raksasa ini di Disney World Orlando mulai dari pukul 10:30 pagi hingga 4:30 sore. Pengunjung bisa membeli tiket langsung di loket maupun membeli tiket terjadwal via online.

Baca juga: Ini 5 Sajian Baru di Disney Park yang Wajib Dicicipi (adr/odi)