Berani Cicip? Arak Asal Korea Ini Dibuat dari Kotoran Anak

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 08 Sep 2020 15:30 WIB
Berani Cicip? Arak Asal Korea Ini Dibuat dari Kotoran Anak Foto: iStock
Jakarta -

Dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit, arak asal Korea yang satu ini populer sebagai obat. Dibuat dari campuran kotoran anak yang difermentasi.

Arak merupakan minuman beralkohol yang lebih tradisional karena dibuat dari fermentasi buah hingga bahan-bahan lainnya seperti beras. Di wilayah Asia, hampir setiap negara memiliki racikan arak yang berbeda.

Seperti di Korea Selatan contohnya, di sana ada arak tradisional yang cukup ekstrem karena dibuat menggunakan kotoran anak kecil. Minuman ini dikenal dengan nama Ttongsul atau disebut juga sebagai arak feses.

Sejak dulu arak Ttongsul dikonsumsi sebagai obat yang disebut bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Seperti epilepsi, patah tulang hingga menyamarkan memar dan luka di sekujur tubuh.

Dilansir dari berbagai sumber beriktu fakta menarik seputar Ttongsul dari Korea.

Baca Juga: Enak Tapi Menjijikkan, 10 Makanan dan Minuman Ini Terbuat dari Kotoran hingga Air Liur Manusia

1. Sudah Ada dari Berabad-abad Lalu

Berani Cicip? Arak Asal Korea Ini Dibuat dari Kotoran AnakBerani Cicip? Arak Asal Korea Ini Dibuat dari Kotoran Anak Foto: iStock

Arak tradisional yang satu ini dipercaya sudah eksis sejak berabad-abad lalu di Korea. Dulu orang Korea menganggap arak sebagai minuman berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Dari sekian banyak racikan arak yang ada, Ttongsul masuk ke dalam daftar. Berbeda dengan arak pada umumnya, Ttongsul dibuat dari bahan yang lebih ekstrem yaitu kotoran manusia. Tapi tidak boleh kotoran orang dewasa melainkan harus anak-anak.

Namun seiring berkembangnya dunia medis dan masuknya gaya hidup modern, orang-orang di Korea mulai melupakan Ttongsul sejak tahun 1960-an. Tapi hingga sekarang masih ada beberapa orang yang meminumnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3