YouTuber Ini Kritik Cara Jamie Oliver Masak Nasi Goreng: "Semuanya Salah!"

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 08 Sep 2020 09:00 WIB
YouTuber Ini Kritik Cara Jamie Oliver Masak Nasi Goreng Foto: YouTube mrnigelng
Jakarta -

YouTuber mrnigelng atau lebih dikenal Uncle Roger kembali membuat video kritik untuk chef Inggris yang masak makanan Asia. Kali ini Jamie Oliver masak nasi goreng.

Uncle Roger adalah seorang komedian Malaysia yang tinggal di London, Inggris. Namanya jadi perbincangan usai mengunggah video 'reaction' yang kocak. Uncle Roger pernah mengomentari chef Hersha Patel dari BBC Food saat membuat nasi goreng Asia.

Saat itu chef Hersha menyaring nasi yang sudah dimasak dan membuang airnya. Ia bahkan mencuci nasi yang sudah matang. Melihat hal ini, Uncle Roger yang merasa orang Asia tulen sangat kesal. Kritiknya mendapat banyak dukungan dari netizen Asia yang juga sama kesal dengan dirinya.

YouTuber Ini Kritik Cara Jamie Oliver Masak Nasi GorengYouTuber Ini Kritik Cara Jamie Oliver Masak Nasi Goreng Foto: YouTube mrnigelng

Baca Juga: Masak Nasi Dicuci Kayak Pasta, Wanita di Inggris ini Bikin Netizen Asia Heran

Terbaru, pada 30 Agustus 2020 Uncle Roger kembali mengkritik chef bule saat masak nasi goreng. Adalah Jamie Oliver yang jadi objeknya kali ini. Jamie pernah mengunggah video resep nasi goreng telur. Namun baru di awal video Jamie masak, Uncle Roger sudah mendapati keganjilan.

Ia melihat Jamie masak nasi goreng di wajan datar anti lengket, bukan di wok. "Jamie, kemana wok kamu," komentar pria kocak ini. Ia bahkan menyindir Jamie dengan mengatakan sudah menulis 25 buku resep, tapi tidak punya wok. "Uncle Roger akan memberikan kamu satu wok gratis," ujarnya.

Lanjut menonton, Uncle Roger kembali dibuat kesal dengan Jamie yang menuangkan minyak zaitun untuk menumis bumbu. "Minyak itu untuk orang-orang kulit putih, tidak cocok untuk masakan Asia termasuk nasi goreng," jelasnya.

YouTuber Ini Kritik Cara Jamie Oliver Masak Nasi GorengYouTuber Ini Kritik Cara Jamie Oliver Masak Nasi Goreng Foto: YouTube mrnigelng

Jamie lalu menumis daun bawang di wajan. Uncle Roger sangat heran dengan langkah ini. Sebab menurutnya nasi goreng harusnya pakai bawang putih, bukan daun bawang. Menumis daun bawang di awal juga kurang tepat karena akan layu.

Urusan nasi, Jamie rupanya memakai nasi kemasan. Lagi-lagi ini bikin Uncle Roger emosi. Karena menurutnya nasi goreng autentik harusnya dibuat dari nasi sisa. Untuk bumbu nasi goreng, Jamie menuangkan chili jam yang menurutnya praktis.

YouTuber Ini Kritik Cara Jamie Oliver Masak Nasi GorengYouTuber Ini Kritik Cara Jamie Oliver Masak Nasi Goreng Foto: YouTube mrnigelng

Uncle Roger sangat heran dengan hal ini. "Apakah ini trik Anda untuk mengelabui orang-orang kulit putih makan cabai?" tanyanya. Menurut Uncle Roger, pemakaian selai cabai untuk nasi goreng sangatlah aneh. Bukan tidak mungkin ke depannya chef Inggris ini menaruh bahan aneh lain seperti selai kacang.

Lebih aneh lagi, Jamie juga menambahkan air di sela-sela proses memasak. Air ini untuk mematangkan dua telur yang ia pecahkan langsung di atas wajan. Uncle Roger menilai langkah ini sangat tidak tepat karena akan membuat tekstur nasi terlalu basah.

YouTuber Ini Kritik Cara Jamie Oliver Masak Nasi GorengYouTuber Ini Kritik Cara Jamie Oliver Masak Nasi Goreng Foto: YouTube mrnigelng

Lanjut dengan nasi goreng ala dirinya, Jamie menambahkan tahu sutra yang ia remas-remas dengan tangan. "Saya tidak tahu apakah bisa melanjutkan (menontonnya). Semua ini membuat saya terlalu depresi," ujar Uncle Roger.

Terakhir, Uncle Roger menyoroti ketiadaan MSG pada resep nasi goreng ini. Sebab Jamie hanya menggunakan garam. Di akhir video, ia menyimpulkan nasi goreng Jamie adalah hal keliru. "Nasinya terlalu basah, tidak ada bawang putih, tidak ada MSG, tidak pakai wok, dia merusak tahu. Semuanya salah," pungkas komedian ini.

Kritik Uncle Roger kembali mendapat banyak dukungan netizen di media sosial. Banyak yang setuju dengan apa yang dikatakannya. Netizen juga berharap Uncle Roger bisa bertemu langsung dengan Jamie Oliver untuk membahas hal ini.

Baca Juga: Momen Masak Chef 'BBC Food' dengan YouTuber yang Protes Caranya Masak Nasi



Simak Video "Maknyus! Nasi Goreng Jumbo dengan Daging Bistik yang Bikin Nagih"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)