5 Makanan Populer di Dunia Ini Diolah dari Roti Sisa

Sonia Basoni - detikFood Senin, 07 Sep 2020 19:00 WIB
5 Makanan Populer di Dunia Ini Diolah dari Roti Sisa Foto: Getty Images/iStockphoto

4. Puding Roti

5 Makanan Populer di Dunia Ini Diolah dari Roti Sisa5 Makanan Populer di Dunia Ini Diolah dari Roti Sisa Foto: Getty Images/iStockphoto

Dari sekian banyak makanan yang berasal dari roti, mungkin puding roti atau bread pudding yang paling populer dan mendunia. Hidangan manis dan legit satu ini populer di berbagai wilayah Eropa terutama di Inggris.

Hidangan yang satu ini sudah ada sejak abad 18, dibuat menggunakan stale bread atau roti sisa yang dibuat menggunakan air dan tepung terigu. Kemudian dicampur dengan susu, krim, butter hingga buah-buahan kering.

Teksturnya sedikit basah tapi tetap lembut. Karena rasanya yang cukup kompleks dan legit membuat banyak orang mulai berkreasi dengan roti puding ini. Sekarang roti puding jauh lebih meriah dengan tambahan topping dan aneka buah kering yang lebih lengkap plus taburan kayu manis bubuk.


5. Biscocho de Caña

5 Makanan Populer di Dunia Ini Diolah dari Roti Sisa5 Makanan Populer di Dunia Ini Diolah dari Roti Sisa Foto: Omiyago.com

Jika di Indonesia camilan ini lebih dikenal dengan nama roti bagelen, kalau di Filipina namanya 'Biscocho de Caña'. Camilan jadul yang satu ini ternyata terinspirasi dari era kolonial. Apalagi saat itu Filipina sudah menjadi jajahan Spanyol sejak abad ke-16.

Karena banyak makanan hingga camilan di Filipina yang dipengaruhi oleh makanan khas Spanyol. Nama Biscochco diambil dari bahasa Latin yang artinya dimasak dua kali. Roti yang sudah matang kembali dipanggang dengan tambahan susu kental manis, mentega hingga gula.

Sama seperti bagelen, bischoco kebanyakan dibuat oleh UMKM atau usaha rumahan. Biskuit klasik yang satu ini selalu disantap orang-orang di Filipina sebagai teman ngeteh atau ngopi. Karena rasanya yang renyah dan legit.


Baca Juga: Roti Kodok Jadi Tren Baking di Tengah Karantina COVID-19

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com