5 Makanan Populer di Dunia Ini Diolah dari Roti Sisa

Sonia Basoni - detikFood Senin, 07 Sep 2020 19:00 WIB
5 Makanan Populer di Dunia Ini Diolah dari Roti Sisa Foto: Getty Images/iStockphoto

2. Acorda

5 Makanan Populer di Dunia Ini Diolah dari Roti Sisa5 Makanan Populer di Dunia Ini Diolah dari Roti Sisa Foto: Getty Images/iStockphoto

Sup yang satu ini menyimpan sejarah yang panjang tentang hubungan diplomasi antara Arab dan bangsa Portugis. Arcoda biasanya dibuat menggunakan roti sisa dan bawang putih, dicampur dengan seafood, telur, hingga sosis.

Tekstur sup yang kental karena dicampur dengan potongan roti membuat rasanya semakin enak. Arcoda sering dimasak untuk balita karena teksturnya lembut dan gampang untuk ditelan.

Selain populer di Portugis, menu sup ini juga diminati di wilayah Timur Tengah. Banyak yang menganggap bahwa Arcoda ini tampilannya mirip dengan Tharid, yaitu sup roti dari Timur Tengah yang biasanya disantap ketika bulan Ramadhan tiba.

3. Kvass

5 Makanan Populer di Dunia Ini Diolah dari Roti Sisa5 Makanan Populer di Dunia Ini Diolah dari Roti Sisa Foto: Getty Images/iStockphoto

Selama lebih dari ribuan tahun minuman asal Rusia bernama Kvass ini sudah diminum oleh para biksu. Karena rasanya yang menyegarkan dan kandungan alkoholnya yang rendah. Dalam setiap gelas Kvass kandungan alkoholnya hanya 0,5% saja.

Minuman ini cukup unik karena menggunakan jenis roti rye yang difermentasikan bersama ragi, gula dan air. Minuman ini dikabarkan sudah populer sejak 989 M. Meski sejarahnya yang panjang, tapi popularitasnya tetap sama.

Sejak tahun 1967, Kvass mulai banyak dijual di jalanan dengan tampilan yang menyerupai bir. Minuman ini disajikan saat dingin dan selalu diburu banyak orang di musim panas, mirip seperti es krim.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com