Hobi Ngemil Rambut, Ada 7 Kg Bola Rambut di Perut Remaja Ini

Sonia Basoni - detikFood Senin, 07 Sep 2020 13:30 WIB
Hobi Ngemil Rambut, Ada 7 Kg Bola Rambut di Perut Remaja Ini Foto: Jam Press
Jakarta -

Terlalu sering ngemil rambut selama bertahun-tahun membuat kondisi kesehatan remaja ini memburuk. Di dalam perutnya ada 7 kg bola rambut!

Bukan ngemil makanan, remaja asal India bernama Kumari ini justru kecanduan makan rambutnya sendiri. Remaja berusia 17 tahun ini berasal dari wilayah Jharkhand dan sudah kecanduan makan rambut selama bertahun-tahun.

Baca Juga: Gara-gara Kebanyakan Minum Bubble Tea, Remaja Ini Tak Bisa Jalan!

Hobi Ngemil Rambut, Ada 7 Kg Bola Rambut di Perut Remaja IniHobi Ngemil Rambut, Ada 7 Kg Bola Rambut di Perut Remaja Ini Foto: Jam Press

Dilansir dari Ladbible (07/09), Kumari harus menjalani operasi selama 6 jam untuk mengeluarkan rambut yang menggumpal di dalam perutnya. Rambut-rambut yang dia makan ini bentuknya seperti bola keras yang berwarna kecoklatan.

Dengan hati-hati, para dokter mengangkat bola rambut itu dari dalam perutnya. Ketika dikeluarkan bola rambut itu bentuknya masih utuh, saat dihitung beratnya mencapai 7 kg.

Operasi ini dilakukan oleh tim dokter di salah satu rumah sakit swasta di Jharkhand. Operasi dipimpin oleh dokter bernama GN Sahu, sebagai dokumentasi mereka merekam video saat bola rambut itu diangkat.

Hobi Ngemil Rambut, Ada 7 Kg Bola Rambut di Perut Remaja IniHobi Ngemil Rambut, Ada 7 Kg Bola Rambut di Perut Remaja Ini Foto: Jam Press

Dokter Sahu mengungkapkan bahwa ini kasus pertamanya selama 40 tahun terakhir, yaitu mengangkat gumpalan rambut dari perut seseorang. Ditambah dengan hobi aneh Kumari yang terus ngemil rambut.

Rambut sendiri tidak dapat terurai di dalam tubuh, jadi jika orang terbiasa mengunyah atau menelan helaian rambut maka semuanya akan terendap di dalam perut membentuk gumpalan.

Kondisi makan rambut ini sering disebut sebagai Rapunzel Syndrome, di mana orang-orang tak bisa berhenti menelan helaian rambut dan terbilang cukup langka.

Hobi Ngemil Rambut, Ada 7 Kg Bola Rambut di Perut Remaja IniHobi Ngemil Rambut, Ada 7 Kg Bola Rambut di Perut Remaja Ini Foto: Jam Press

Menurut laporan dari British Medical Journal, di tahun 2018 sendiri hanya ada 90 kasus yang berkaitan dengan Rapunzel Syndrome.

Tentunya Rapunzel Syndrome ini cukup berbahaya bagi tubuh. Karena pengendapan helaian rambut di dalam tubuh bisa menyebabkan dehidrasi, kekurangan nutrisi, muntah-muntah hingga nyeri perut.

Tak hanya terjadi di India, tapi kasus serupa juga pernah terjadi di China, tepatnya di Provinsi Shaanxi. Saat itu para dokter menemukan bola rambut yang memiliki panjang mencapai 11 cm di dalam perut anak kecil berusia 3 tahun.

Baca Juga: Punya Hobi Makan Aneh, Dokter Temukan Bola Rambut di Perut Anak Ini



Simak Video "Bikin Pizza Nggak Ribet, Pakai Roti Tawar!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com