Bikin Laper! Sedapnye Gabus Pucung dan Empal Ganjen Khas Betawi

Sonia Basoni - detikFood Senin, 07 Sep 2020 08:30 WIB
Sedapnye Gabus Pucung dan Empal Ganjen Khas Betawi Foto: Bikin Laper Trans TV
Jakarta -

Bagi yang sedang ngidam makanan khas Betawi yang autentik, wajib mampir ke restoran yang satu ini. Di sini menyediakan menu gabus pucung sampai empal ganjen yang enak.

Masih dalam petualangan yang seru, tim Bikin Laper dengan Anwar BAB dan Ncess Nabati kembali mencicipi makanan khas Indonesia yang enak. Kali ini mereka mampir ke Pangkalan Jati di Cinere.

Baca Juga: Duh Bikin Laper! Makan Ayam Rempah, Sego Sirem hingga Pempek Mantap

Sedapnye Gabus Pucung dan Empal Ganjen Khas BetawiSedapnye Gabus Pucung dan Empal Ganjen Khas Betawi Foto: Bikin Laper Trans TV

Di sana mereka mencicipi makanan rumahan khas Betawi di restoran Dapur Betawi Cabe 5. Pertama mereka coba Gabus Pucung (Rp 28.000) yang juara. Paduan bumbu kluwek dan rempah lainnya dipadu dengan ikan goreng gabus yang renyah.

"Di sini ikan gabusnya digoreng dulu. Jadi kremes di bagian luarnya. Sementara kuahnya ini mirip seperti rawon, bikin jatuh cinta," jelas Anwar sambil melahapnya dengan nasi putih.

Sementara menurut Ncess, rasa ikan gabusnya cukup gurih dan tidak amis. Apalagi bumbunya yang meresap bikin laper terus.

Sedapnye Gabus Pucung dan Empal Ganjen Khas BetawiSedapnye Gabus Pucung dan Empal Ganjen Khas Betawi Foto: Bikin Laper Trans TV

Puas menyantap Gabus Pucung, duo jawara makan ini juga mencicipi Pepes Cumi (Rp 23.000). Di sini pepes cumi disajikan dengan daun singkong dan irisan cabe rawit ekstra pedas.

"Aromanya wangi. Pakai cumi utuh dan daun singkong, lalu tambahan irisan cabe dan dikukus. Untuk rasanya mirip seperti pepes khas Sunda, karena ini cabenya diiris. Tapi rasanya enak banget, bumbunya meresap sampai ke pori-pori cumi," sambung Anwar.

Kalau Ncess lebih fokus mencampur nasi putihnya dengan pepes cumi dan tambahan sambal bawang terasi yang endolita banget.

Sedapnye Gabus Pucung dan Empal Ganjen Khas BetawiSedapnye Gabus Pucung dan Empal Ganjen Khas Betawi Foto: Bikin Laper Trans TV

Terakhir duo Bikin Laper ini memesan Empal Ganjen (Rp 11.000) yang tak kalah juara dari menu lainnya. Potongan daging empalnya cukup besar dan tebal tapi tidak alot. Sebelum digoreng lebih dulu dibacem bumbu kuning kemudian digeprek dengan sambal.

"Ukuran empalnya besar tapi tidak alot. Rasanya tidak mengecewakan. Apalagi kalau dimakan pakai nasi. Empal ganjen dan sambalnya jadi makanan wajib bagi kalian yang lapar," pungkas Ncess.

Nah buat yang penasaran dengan keseruan kulineran Ncess dan Anwar, jangan lupa saksikan terus acara Bikin Laper di Trans Tv. Tayang setiap hari setiap pukul 17.00.

Baca Juga: Yuk! Makan Iga Bakar, Sate Domba, hingga Soto Betawi Kuah Susu Bareng Ncess Nabati



Simak Video "Bikin Laper: Gabus Pucung dan Empal Ganjen yang Nikmat"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)