Resep dan Cara Membuat Es Selendang Mayang, Minuman Betawi Jadul yang Menyegarkan

Tim detikcom - detikFood Senin, 07 Sep 2020 15:00 WIB
Es selendang mayang Foto: Istimewa/Resep dan Cara Membuat Es Selendang Mayang, Minuman Betawi Jadul yang Menyegarkan
Jakarta -

Selendang mayang adalah es tradisional yang berasal dari Betawi atau Jakarta. Kuliner yang berwarna terang yakni merah, putih, hijau ini populer sejak tahun 1940-an. Warga Betawi menyajikan es selendang mayang untuk perayaan khas Betawi. Bisa juga untuk menjamu tamu di pesta pernikahan atau jenis hajatan lainnya.

Isi es selendang mayang adalah es bercampur kue kenyal. Kue kenyal itu terbuat dari tepung beras, santan cair, es batu, dan sirop merah, atau gula merah cair. Rasa es selendang Mayang ini manis dan menyegarkan.

Kenapa namanya selendang mayang? Kata selendang karena warna kue isian selendang mayang meriah seperti warna selendang. Lalu nama mayang merujuk pada arti manis dan kenyal.

Es selendang mayangEs selendang mayang Foto: iStock

Berikut resep Es Selendang Mayang ala detikFood:

Bahan:

750 ml air
50 gr tepung sagu aren
50 gr hunkwe
1 sdm tepung beras
2 lembar daun pandan simpulkan
1/2 sdt garam
125 gr gula pasir
1/2 sdt pewarna makanan merah muda atau hijau.

Bahan kuah:

a. Santan: 750 ml santan dari 1 butir kelapa, 1/2 sdt garam, 1/2 sdt gula pasir, dan 3 lembar daun pandan.

b. Air gula: 300 gr gula merah sisir halus, 1/4 sdt garam, dan 300 ml air.

Cara Membuat Es Selendang Mayang:

Campurkan 250 ml air dengan tepung sagu, hunkwe, dan tepung beras. Sisihkan. Didihkan sisa air, daun pandan, garam dan gula pasir sampai larut. Kemudian angkat dan saring. Masak kembali campuran air dan daun pandan di atas api kecil.

Kemudian tambahkan adonan tepung ke dalam air, aduk cepat hingga tercampur rata. Didihkan lalu angkat. Tuang adonan ke dalam loyang, ratakan. Perciki pewarna, ratakan dengan kuas hingga seluruh permukaan berwarna merah atau hijau. Biarkan dingin dan mengeras.

Rebus santan, garam, gula, dan daun pandan dengan api sedang sampai mendidih. Aduk sesekali agar santan tidak pecah. Angkat dan sisihkan. Rebus gula merah, air, dan garam dengan api sedang hingga gula larut dan mendidih. Kemudian kecilkan api, masak sampai gula mengental. Angkat dan biarkan dingin.

Potong-potong kecil selendang mayang. Tempatkan dalam mangkuk atau gelas saji. Guyuri santan dan sirup gula di atasnya. Tambahkan es batu atau es serut sesuai selera, sajikan dingin agar lebih menyegarkan.



Simak Video "Beda Lontong Sayur khas Betawi dan Medan"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/pal)