Kopi Susu Milenial

5 Es Kopi Susu Ini Rasanya Indonesia Banget, Klepon hingga Kecap Manis

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 06 Sep 2020 10:00 WIB
Es kopi susu rasa Indonesia banget Foto: Instagram @alikopiroastery
FOKUS BERITA Kopi Susu Milenial
Jakarta -

Kini es kopi susu jadi minuman sejuta umat. Tak hanya pakai susu, sekarang es kopi susu juga dikreasikan dengan rasa unik. Ada klepon hingga kecap manis.

Tren es kopi susu di Indonesia belum memudar, bahkan semakin melonjak. Terlihat dari banyaknya gerai es kopi susu yang kian menyebar di Indonesia. Mulai dari skala kecil hingga kafe besar.

Racikan es kopi susu biasanya menggunakan espresso (kopi hitam), gula, susu UHT (fullcream), dan ada yang menambahkan susu kental manis atau krimer. Tak lupa es batu yang membuatnya kian segar saat dinikmati.

Tapi kini banyak es kopi susu yang dikreasikan dengan rasa Indonesia banget. Seperti dengan tambahan sirup gula aren, rasa klepon, durian, hingga kecap manis.

Berikut 5 kreasi es kopi susu yang Indonesia banget.

1. Es Kopi Susu Gula Aren

Es kopi susu rasa Indonesia bangetEs kopi susu rasa Indonesia banget Foto: Instagram @kopikenangan

Es kopi susu rasa gula aren sudah banyak dijual gerai kopi dan jadi favorit banyak pelanggan. Bahkan sebagian orang akan memilih varian ini karena rasanya enak dan familiar.

Sama seperti es kopi susu lainnya, hanya saja ditambahkan sirup gula aren yang membuat rasa legit manisnya khas. Tekstur dari gula aren juga lebih kental dibanding gula merah yang cair. Oleh karenanya gula ini cocok dipadukan dengan es kopi susu.

Varian gula aren ini selalu ada di setiap gerai es kopi susu kekinian. Harga yang ditawarkan per gelasnya juga cukup terjangkau. Mulai dari Rp 13.000-Rp 20.000 saja.

Baca Juga: 7 Es Kopi Susu Enak di Jakarta, Wajib Kamu Coba!

2. Es Kopi Susu Pandan

Es kopi susu rasa Indonesia bangetEs kopi susu rasa Indonesia banget Foto: Instagram @kopijanjijiwa

Varian es kopi susu selanjutnya adalah rasa pandan. Varian ini juga mulai banyak ditawarkan gerai es kopi susu karena unik dan tak kalah enak. Rasanya sangat khas Indonesia, apalagi pandan banyak digunakan pada hidangan dessert tradisional.

Tak hanya susu saja yang dijadikan campuran, tapi juga sirup pandan. Sirup pandan biasanya diletakkan pada lapisan paling bawah. Nanti ketika dicampurkan varian ini menghasilkan aroma pandan yang wangi.

Kamu bisa menemukan varian es kopi susu pandan ini di beberapa gerai. Seperti Janji Jiwa, Fore, XXI Cafe, dan lainnya. Harganya bervariasi sekitar Rp 20.000-an.

3. Es Kopi Susu Klepon

Es kopi susu rasa Indonesia bangetEs kopi susu rasa Indonesia banget Foto: detikfood

Klepon yang merupakan jajanan tradisional Indonesia ini sempat viral. Karena diisukan jadi jajanan yang tak islami oleh beberapa oknum. Padahal jajanan ini tak mengandung bahan haram sedikitpun.

Klepon punya rasa manis dari sirup gula merah dan gurih dari kelapa parut. Teksturnya lengket dan kenyal karena menggunakan tepung beras atau ketan. Varian ini ternyata juga cocok dipadukan dengan es kopi susu.

Rasanya sangat Indonesia. Paduan antara es kopi susu yang manis, pahit, segar ditambahkan rasa khas dari kelapa, gula merah, dan pandan. Varian es kopi susu ini sudah ada di beberapa gerai, seperti Family Mart, Kopi Se-Indonesia, dan lainnya.

4. Es Kopi Susu Durian

Es kopi susu rasa Indonesia bangetEs kopi susu rasa Indonesia banget Foto: Instagram @letsnjajan

Durian merupakan buah yang banyak tumbuh di Indonesia. Jenis durian di sini juga sangat beragam seperti Petruk, Bawor, Bokor, dan lainnya. Walaupun aromanya sangat menyengat, tapi banyak orang justru menggemarinya.

Durian tak hanya disantap begitu saja, tapi juga dijadikan aneka olahan dessert. Salah satunya jadi varian es kopi susu. Bukan daging utuh yang digunakan, melainkan pasta durian yang kental.

Seperti es kopi susu pada umumnya, hanya saja ditambahkan pasta durian. Jadi rasanya unik dan aroma duriannya cukup menyengat. Tapi es kopi susu durian ini punya rasa yang tak kalah enak.

5. Es Kopi Susu Kecap Manis

Es kopi susu rasa Indonesia bangetEs kopi susu rasa Indonesia banget Foto: Instagram @alikopiroastery

Kecap manis biasanya ditambahkan untuk masakan. Seperti mengolah ayam bumbu kecap atau campuran soto, bakso, dan lainnya. Ternyata kecap manis juga bisa dicampurkan jadi kreasi minuman yang enak.

Kecap manis dijadikan campuran untuk es kopi susu. Peran kecap manis di sini sebagai pengganti sirup gula aren. Varian es kopi susu kecap manis ini sempat viral karena rasanya yang unik.

Varian es kopi susu kecap manis ini ditawarkan oleh Ali Kopi Roastery. Kecap manis yang digunakan merek Bango. Kabarnya rasa es kopi susu kecap manis ini tak seaneh seperti yang dibayangkan.

Baca Juga: Sensasi Paling Baru, Kopi Susu Campur Kecap Manis



Simak Video "Es Kopi Susu Kekinian Jadi Tren Bisnis Milenial"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/adr)
FOKUS BERITA Kopi Susu Milenial