Kopi Susu Milenial

Pakai Susu Jagung hingga Oat, 5 Es Kopi Susu Ini Cocok untuk Vegan

Yenny Mustika Sari - detikFood Sabtu, 05 Sep 2020 06:00 WIB
Es Kopi Susu Nabati Foto: iStock
FOKUS BERITA Kopi Susu Milenial
Jakarta -

Es kopi susu biasanyamenggunakan susu UHT yang merupakan produk hewani. Sebenarnya es kopi susu juga enak dibuat dengan susu nabati seperti jagung hingga oat.

Kopi jadi salah satu minuman yang banyak digemari. Bisa dinikmati selagi hangat atau dingin menggunakan es batu. Kreasinya juga banyak, namun yang paling populer di Indonesia saat ini, es kopi susu.

Untuk membuat es kopi susu sebenarnya sangat mudah. Tinggal menggunakan kopi espresso (hitam), diseduh dengan air panas, gula, susu kental manis, dan susu UHT (fullcream) agar rasanya makin creamy. Jangan lupa tambahkan es batu jika ingin rasakan kesegarannnya.

Tapi untuk pelaku vegan, es kopi susu tidak bisa mereka nikmati karena mengandung produk hewani. Kalau ingin menikmatinya bisa memakai susu nabati yang juga jauh lebih sehat. Seperti susu jagung, kacang kedelai, oat, dan lainnya.

Berikut 5 kreasi es kopi susu yang cocok untuk vegan.

1. Es Kopi Susu Jagung

Es Kopi Susu NabatiEs Kopi Susu Nabati Foto: claire lower

Varian susu nabati salah satunya berasal dari jagung manis. Susu jagung manis ini bisa kamu buat sendiri di rumah karena sangat praktis. Caranya dengan memipil jagung lalu tambahkan air dan haluskan menggunakan blender.

Kalau sudah dihaluskan, saring jagung manis ini dan pindahkan ke wadah. Kemudian panaskan di atas api kecil dan masak sampai mendidih. Bisa kamu tambahkan gula pasir jika ingin rasanya lebih manis. Sebenarnya dalam membuat susu jagung ini juga harus ditambahkan susu UHT, tapi kamu bisa lewatkan karena diracik untuk vegan.

Setelah itu tinggal buat es kopi susunya. Kamu bisa racik es kopi sesuai selera. Selanjutnya, campurkan susu jagung manis ke dalamnya. Tambahkan es batu dan nikmati selagi masih dingin.

Baca Juga: Sluurp! Bukan dari Sapi, Susu Ini Terbuat dari Alpukat

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Es Kopi Susu Kekinian Jadi Tren Bisnis Milenial"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Kopi Susu Milenial
FOKUS BERITA Kopi Susu Milenial