Di Thailand Ada Buku Resep yang Dibagikan Saat Acara Pemakaman

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 04 Sep 2020 19:30 WIB
Buku Resep yang Dibagikan Saat Acara Pemakaman Foto: iStock/Bo.Lan/Atlas
Jakarta -

Selain upacara agama Thailand punya tradisi pemakaman unik. Di Thailand ada tradisi membagikan buku resep di acara pemakaman.

Meski sudah terbilang sebagai negara modern, tapi orang-orang di Thailand masih mempertahankan budaya dan tradisi yang mereka jaga secara turun temurun. Dari sekian banyak tradisi yang ada, buku resep dalam acara pemakaman juga menarik untuk dibahas.

Di setiap acara pemakaman di Thailand, sudah menjadi tradisi untuk memberikan buah tangan ke para pelayat yang datang. Buah tangan ini biasanya berupa buku kecil tentang biodata mendiang hingga resep makanan mendiang.

Dilansir dari berbagai sumber berikut fakta menarik seputar buku resep di tradisi pemakaman Thailand.

Baca Juga: Unik! Minuman Bersoda Jadi Menu Wajib Sesajen di Thailand


1. Buku Wajib yang Dibagikan

Buku Resep yang Dibagikan Saat Acara PemakamanBuku Resep yang Dibagikan Saat Acara Pemakaman Foto: iStock/Bo.Lan/Atlas

Disebut juga dengan nama 'Nang Sue Ngam Sop', buku kecil berisi kumpulan kenangan dan kisah tentang mendiang yang baru saja meninggal, menjadi buku wajib yang dibagikan di dalam acara pemakaman di Thailand.

Buku Nang Sue Ngam Sop ini biasanya dibuat langsung oleh keluarga mendiang yang baru saja meninggal. Nantinya buku ini akan dibagikan ke setiap pelayat yang hadir, agar mereka bisa mengenal lebih dalam sosok mendiang yang baru saja pergi.

Isi buku ini cukup beragam, mulai dari biodata mendiang. Selipan foto keluarga hingga foto pernikahan, hobi mendiang, hingga selipan resep-resep makanan yang biasa dibuat mendiang selama hidupnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]