Unik! Minuman Bersoda Jadi Menu Wajib Sesajen di Thailand

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 30 Agu 2020 19:00 WIB
Minuman Bersoda Jadi Menu Wajib Sesajen di Thailand Foto: Meistrup
Jakarta -

Di Thailand, minuman bersoda tak hanya digemari oleh manusia saja. Tapi juga jadi menu wajib untuk sesajen atau persembahan bagi arwah nenek moyang.

Selain di Indonesia, sesajen atau budaya persembahan kepada arwah nenek moyang atau dewa juga populer di Thailand. Sesajen sendiri isinya cukup beragam dan setiap wilayah memiliki ciri khasnya sendiri.

Seperti di Thailand contohnya, sesajen di sana tampil lebih modern karena wajib menggunakan minuman bersoda. Jenisnya juga tidak bisa sembarangan, wajib menggunakan Fanta rasa strawberry yang berwarna merah pekat.

Dilansir dari Atlas Obscura (29/08), berikut fakta menarik seputar sajen di Thailand yang wajib pakai minuman bersoda.

Baca Juga: Jadi Gerbang Para Arwah, Restoran Italia Ini Dipenuhi Hantu

1. Sesajen dan Budaya di Thailand

Minuman Bersoda Jadi Menu Wajib Sesajen di ThailandMinuman Bersoda Jadi Menu Wajib Sesajen di Thailand Foto: Meistrup

Tak sulit untuk menemukan sesajen atau persembahan di Thailand. Tak hanya di pedesaan, bahkan di kota besar seperti Bangkok masih banyak sesajen yang ditemukan.

Beberapa tempat yang dianggap keramat seperti di depan kuil, rumah tua, hingga pohon sering menjadi tempat meletakkan sesajen. Isian sesajen di Thailand sebenarnya cukup beragam. Pertama harus ada bunga-bunga segar.

Kemudian disusul dengan piring atau nampan berisi potongan buah-buahan segar. Kelapa juga tak boleh tertinggal, lalu yang terakhir wajib meninggalkan Fanta rasa strawberry yang disebut sebagai 'air merah' di sana.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3