Bangga Jadi Anak Tukang Bubur Ayam, Imron Siap Jadi Tentara

Devi Setya - detikFood Jumat, 04 Sep 2020 06:00 WIB
Bangga Jadi Anak Tukang Bubur Ayam, Imron Siap Jadi Tentara Foto: youtube TNI AD
Jakarta -

Bercita-cita menjadi tentara sejak masih duduk di bangku SD, kini selangkah lagi Imron siap mewujudkannya. Imron adalah anak tukang bubur yang kini sedang menempuh pendidikan taruna akmil

Pemuda dengan nama lengkap Imron Ichwani ini sudah dilantik menjadi taruna akmil. Ia dengan bangga mengenakan seragam taruna dan siap jadi bagian dalam TNI. Imron tampak sama saat berbaris dengan ratusan taruna lainnya, tapi tak banyak yang tahu ada kisah inspiratif dibalik tubuh tegapnya.

Kisah Imron ini diangkat dalam video youtube TNI AD. Imron adalah seorang anak tukang bubur, hidupnya sangat sederhana tapi cita-citanya luar biasa. Saat kegiatan latihan, Imron sempat ditanya oleh Panglima TNI Marsekal TNI Dr. Hadi Tjahjanto soal pekerjaan ayahnya.

Tanpa malu ataupun gengsi, dengan tegas Imron menyebut kalau ayahnya bekerja sebagai penjual bubur ayam. "Siap, dagang bubur ayam. Keliling," jawab Imron di depan Panglima TNI Hadi.

Bangga Jadi Anak Tukang Bubur Ayam, Imron Siap Jadi TentaraBangga Jadi Anak Tukang Bubur Ayam, Imron Siap Jadi Tentara Foto: youtube TNI AD

Di sini juga Imron ditanya soal inspirasinya menjadi tentara. Anak ketiga dari enam bersaudara ini mengaku ingin jadi anggota TNI saat dirinya menonton upacara bendera 17 Agustus. Mendengar jawaban Imron, Panglima tni Hadi mengangguk-angguk sambil memberi semangat.

Imron adalah satu dari 12 taruna TNI yang berasal dari sekolah unggulan. Lulusan SMA Negeri 1 Purwokerto ini bahkan diterima di Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada, namun dirinya justru lebih memilih menjadi TNI.

"Awalnya saya minder karena hanya anak tukang bubur, sempat tidak yakin apakah saya bisa. Tapi orangtua memberi pesan yang membuat saya semangat. Bapak bilang 'jangan lihat siapa lawanmu, tapi buat lawanmu melihat siapa kamu,' jadi saya berani," beber Imron.

Orangtua Imron juga bangga mendapati anaknya kini tercatat sebagai taruna akmil. Sugeng Suroso, ayam Imron sempat tidak yakin kalau anaknya masuk jadi taruna. "Orang-orang masuk di akmil kan rata-rata anaknya orang kaya.Saya hanya tukang bubur," ujar Sugeng.

Sementara sang ibu mendoakan sambil memberi pesan agar anaknya bisa berlatih dengan sungguh-sungguh dan jangan sampai membuat kesalahan. Imron pun bertekad untuk menjadi taruna yang disiplin agar kelak saat kelulusan, orangtuanya bisa hadir dengan bangga.

Bangga Jadi Anak Tukang Bubur Ayam, Imron Siap Jadi TentaraBangga Jadi Anak Tukang Bubur Ayam, Imron Siap Jadi Tentara Foto: youtube TNI AD

Selama menjalani pelatihan sebagai taruna akmil, Imron mengaku sangat mengalami perbedaan pola hidup. Soal pola makan misalnya, Imron yang biasanya hanya menyantap makanan sederhana, kini setiap hari harus makan makanan sehat dan bernutrisi.

"Awalnya makan biasa sederhana tapi di sini makan terjamin, gizinya dihitung, berbagai kegiatan juga jadi disiplin," beber Imron.

Kisah inspiratif dan semangat yang ditebarkan Imron ini menuai banyak perhatian netizen. Ratusan komentar penuh semangat mengalir untuk Imron.

"Tukang bubur naik tank. Mantap bro. Selamat mengabdi," ujar netizen.

"Aura pemimpinnya sudah terlihat. Semiga kelak menjadi pemimpin yang bijaksana dan berani membela bangsa," beber netizen lain.

"Gw paling suka kisah inspiratif kyk gini. bisa memacu semangat generasi muda buat berjuang khususnya masyarakat ekonomi bawah kyk kami. semoga kisah inspiratif kyk gini makin banyak," pungkas netizen lain.



Simak Video "Bikin Laper: Review Jajanan UMKM Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)