Duh! Satu Kampung Keracunan Usai Makan Durian yang Tercemar Air Laut

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 03 Sep 2020 15:30 WIB
Satu kampung keracunan usai makan durian yang tercemar air laut Foto: iStock
Jakarta -

Warga satu kampung ini keracunan makanan usai menyantap durian yang tercemar air laut. Lebih dari 500 orang keracunan dan beberapa dirawat di rumah sakit.

Meski aromanya tajam dan menyengat, buah durian tetap populer di beberapa negara Asia, terutama di China. Di sana banyak orang menyantap buah durian segar sebagai cemilan sehari-hari.

Baca Juga: Rekor Durian Termahal di Dunia, Satu Buah Harganya Rp 681 Juta

Namun buah yang manis beraroma tajam ternyata bisa menyebabkan keracunan makanan. Dilansir dari Global Times (03/09), ada lebih dari 523 warga desa di Guangxi Zhuang, China, yang mengalami gejala keracunan makanan usai makan durian.

Satu kampung keracunan usai makan durian yang tercemar air lautSatu kampung keracunan usai makan durian yang tercemar air laut Foto: iStock

Sebelumnya ratusan warga mengonsumsi buah durian gratis dari kapal kargo yang terbalik di Guangxi Zhuang. Setelah ditelusuri lebih lanjut oleh pihak pemerintah setempat, mereka menemukan bahwa ratusan warga ini terinfeksi oleh bakteri vibrio parahaemolyticus.

Bakteri berbahaya ini jika masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan gangguan pencernaan pada manusia. Seperti sakit di area perut, diare, muntah-muntah dan sebagainya. Bakteri vibrio ini kemungkinan besar berasal dari durian yang sudah tercemar oleh air laut.

Lewat video singkat yang tersebar di media sosial, terlihat puluhan warga tengah berlomba mengambil durian yang mengapung di tengah laut. Durian-durian ini terjatuh setelah kapal kargo yang membawanya terbalik tak jauh dari tepi pantai Dongxing.

Satu kampung keracunan usai makan durian yang tercemar air lautSatu kampung keracunan usai makan durian yang tercemar air laut Foto: iStock

Pemerintah setempat sempat mencegah warga desa agar tidak mengambil durian tersebut. Namun mereka tetap nekat mengambil durian tersebut.

Tak lama setelah ratusan warga menyantap buah durian ini, mereka semua mulai mengalami gejala keracunan. Ada yang ringan, sedang sampai parah. Setidaknya 9 orang dilarikan ke rumah sakit karena keracunan makanan.

Bakteri vibrio parahaemolyticus kerap ditemukan di lautan. Vibrio merupakan mikroorganisme yang suka menempel pada makanan asin. Biasanya vibrio mencemari aneka seafood seperti ikan, udang, kepiting, kerang dan masih banyak lagi.

Masa inkubasi bakteri vibrio ini sekitar 1 jam sampai 4 hari setelah masuk ke dalam tubuh. Gejala utama yang timbul ada sakit perut, mual, muntah, demam, diare, hingga buang air besar dengan darah.

Baca Juga: Kelezatan Durian Potianak Bikin Lidah Bergoyang Ketagihan



Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)