5 Fakta Buah Black Sapote yang Rasanya Mirip Puding Cokelat

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 02 Sep 2020 12:00 WIB
Fakta Buah Black Sapote yang Rasanya Mirip Puding Cokelat Foto: iStock
Jakarta -

Buah black sapote menarik perhatian para foodies karena rasanya disebut mirip puding cokelat. Sebenarnya apa itu buah black sapote? Yuk, kenali fakta-faktanya!

Banyak orang sudah familiar dengan kesemek. Buah ini berwarna hijau dan oranye dengan warna daging buah yang terang. Bentuk buah kesemek juga mirip dengan tomat, namun rasanya sudah pasti berbeda. Ternyata selain kesemek oranye, ada juga kesemek hitam yang dikenal dengan nama lain 'black sapote'.

Warna buah pada bagian luarnya hijau namun ketika kamu membelahnya, buah ini memiliki daging buah berwarna hitam pekat. Banyak orang yang mengatakan kalau rasa dari black sapote ini mirip dengan puding cokelat. Paduan antara rasa manis dan tekstur yang lembut.

Black sapote atau kesemek hitam juga punya beragam nutrisi dan manfaat yang baik untuk tubuh. Salah satunya digunakan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Soal harga, sayangnya buah ini masih terbilang mahal.

Berikut 5 fakta buah black sapote yang rasanya mirip puding cokelat:

1. Apa Itu Black Sapote?

Fakta Buah Black Sapote yang Rasanya Mirip Puding CokelatFakta Buah Black Sapote yang Rasanya Mirip Puding Cokelat Foto: iStock

Black sapote atau kesemek hitam merupakan buah yang belum banyak orang tahu. Karena banyak orang mengetahui soal kesemek yang warnanya hijau atau oranye saja. Biasanya warna daging buah kesemek ini oranye terang dan teksturnya sangat lembut.

Tapi kamu juga harus mengetahui black sapote ini. Warna kulitnya hijau, namun saat dibelah akan terlihat daging buah berwarna hitam pekat. Teksturnya juga sangat lembut, bahkan kamu bisa membelahnya menggunakan sendok.

Awalnya tak banyak orang tahu soal black sapote, tapi sekarang buah ini banyak dibudidayakan di beberapa wilayah Indonesia. Proses budidaya black sapote sebenarnya sangat mudah. Namun memerlukan lahan luas yang jadi salah satu modal besarnya.

Baca Juga: Apel Hitam dan Kesemek Hitam yang Manis dan Eksotik

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Review Jajanan UMKM Bandung"
[Gambas:Video 20detik]