Pandemi Corona, Resort Mewah Ubah Kolam Renang Jadi Kolam Ikan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 31 Agu 2020 14:00 WIB
Resort mewah ubah fungsi kolam renang jadi kolam ikan Foto: World of Buzz
Jakarta -

Pandemi Corona membuat pemilik resort mewah ini putar otak demi menghasilkan uang. Mereka putuskan ubah fungsi kolam renang jadi kolam ikan yang bisa dikonsumsi!

Industri travel, hotel, dan resort adalah yang terkena dampak paling berat dari adanya pandemi COVID-19 di dunia. Bisnis mereka tidak bisa beroperasi karena ketiadaan kunjungan wisatawan ke suatu tempat. Akibatnya pemilik bisnis rugi besar hingga terpaksa menutupnya jika tidak punya dana operasional lagi.

Sebuah resort mewah di Kerala, India coba menyelamatkan diri dari pandemi ini. Pengelola resort akhirnya putuskan ubah fungsi kolam renang menjadi kolam ikan di tengah-tengah pandemi COVID-19.

Resort mewah ubah fungsi kolam renang jadi kolam ikanResort mewah ubah fungsi kolam renang jadi kolam ikan Foto: World of Buzz

Dikutip dari World of Buzz (31/8), resort di India selatan ini bernama Aveda Resort. Di dalamnya ada kolam renang berukuran besar dengan panjang mencapai 150 meter. Alih-alih membiarkan kolam renang itu kosong, kini pengelola resort membuatnya jadi kolam ikan produktif.

Jika biasanya kolam renang ini dipenuhi wisatawan asal Eropa dan negara lain, kini yang ada ialah ribuan ikan mutiara. Semua dipicu ketika Maret 2020, pemerintah India memberlakukan kebijakan lockdown yang melarang semua hotel dan resort beroperasi.

Baca Juga: Seru! Resto di Jogja Ini Tawarkan Sensasi Makan dalam Kolam Ikan

Resort mewah ubah fungsi kolam renang jadi kolam ikanResort mewah ubah fungsi kolam renang jadi kolam ikan Foto: World of Buzz

General manager Aveda Resort, Jyotish Surendran mengatakan, "Kami tidak punya penghasilan sama sekali. Jadi pada Juni 2020 kami menaruh sekitar 16.000 ikan mutiara berumur 2 bulan di kolam renang." Bukan tanpa alasan, jenis ikan ini umum dikonsumsi masyarakat India.

Ikan mutiara bisa diolah menjadi banyak hidangan khas India Selatan dan Timur Tengah. Kabarnya ikan mutiara memiliki tekstur daging yang tebal dengan rasa manis. Ikan ini punya nama lain fierasfer atau cucumber fish.

Butuh waktu 8 bulan untuk ikan mutiara mencapai ukuran maksimalnya. Aveda Resort berencana memanen ikan pada November 2020 dan mengekspornya ke Timur Tengah.

Resort mewah ubah fungsi kolam renang jadi kolam ikanResort mewah ubah fungsi kolam renang jadi kolam ikan Foto: World of Buzz

Mereka menargetkan pemasukan sekitar Rp 586 juta dari ekspor ikan mutiara. Meski jumlah ini tidak cukup untuk menutup semua kerugian akibat pandemi COVID-19, paling tidak resort ini sekarang memiliki pemasukan tambahan dari kolam ikan.

Sebelum Aveda Resort, ada banyak pemilik bisnis mengubah konsepnya di tengah pandemi COVID-19 agar bisa menyesuaikan dengan kondisi yang sulit. Seperti sebuah gedung pesta di Seremban, Malaysia yang menambah fungsinya jadi gerai chicken rice.

Gedung pesta diubah jadi gerai chicken riceGedung pesta diubah jadi gerai chicken rice Foto: Chee Onn Ho @ Facebook dan Regent Restaurant

Pengelola gedung awalnya mengaku tak mampu lagi menggaji pegawai mereka, termasuk yang sudah setia bekerja selama satu dekade. Akhirnya pengelola putuskan berjualan chicken rice.

Area berjualan nasi gurih dan ayam ini ada di depan gedung. Banyak pembeli menyerbu untuk mencoba sajian buatan chef gedung pesta. Selain chicken rice, mereka juga menjual nasi lemak dan bakcang.

Baca Juga: Gedung Pesta Diubah Jadi Gerai Chicken Rice Demi Gaji Pegawai



Simak Video "Bikin Laper: Gurih Renyah Pecel Lele Goreng Tepung"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com