Ketan hingga Gula Jadi Bahan Bangunan Ratusan Tahun Lalu di China

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 30 Agu 2020 09:00 WIB
Ketan hingga Gula Jadi Bahan Bangunan Ratusan Tahun Lalu di China Foto: Rupeta/Getty Images
Jakarta -

Beras ketan hingga gula tak hanya menjadi makanan pokok di China. Makanan-makanan ini bahkan sempat berfungsi jadi bahan bangunan ratusan tahun lalu di sana.

Banyak bangunan kuno di China yang berusia lebih dari 500 tahun. Salah satunya bangunan Nanjing City Wall, tembok besar di China yang punya sejarah menarik. Bangunan ini diperkirakan berusia lebih dari 600 tahun.

Banyak sejarah menarik dari tembok besar ini, karena ternyata dulu banyak bangunan kuno di China yang dibangun menggunakan bahan makanan. Seperti beras putih, beras ketan, gula hingga darah hewan.

Dilansir dari berbagai sumber berikut fakta menarik seputar makanan yang jadi bahan bangunan di China.

Baca Juga: Kebiasaan Makan di China, dari yang Unik hingga Aneh


1. Dimulai di Nanjing

Ketan hingga Gula Jadi Bahan Bangunan Ratusan Tahun Lalu di ChinaKetan hingga Gula Jadi Bahan Bangunan Ratusan Tahun Lalu di China Foto: Rupeta/Getty Images

Selain Tembok Besar China di Distrik Huairou, ada Nanjing City Wall di Distrik Qinhuai. Tembok besar yang dibangun pada tahun 1368 ini termasuk ke dalam destinasi wisata populer di China. Namun banyak yang belum tahu bahwa bangunan ini dibuat menggunakan bahan makanan.

Menurut catatan sejarah yang ada, tembok besar ini dibangun menggunakan 350 juta batu bata dengan struktur bangunan kokoh. Beberapa peneliti mulai mendalami seluk beluk bangunan kuno ini. Mereka terkejut ketika menemukan perekat dari bangunan ini.

Lewat penelitian yang ada, mereka menemukan bahwa bangunan itu dibangun menggunakan beras ketan. Beras ketan merupakan makanan tradisional di China yang sudah ada sejak dulu.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]