Unik! Minuman Bersoda Jadi Menu Wajib Sesajen di Thailand

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 30 Agu 2020 19:00 WIB
Minuman Bersoda Jadi Menu Wajib Sesajen di Thailand Foto: Meistrup

4. Warna Merah Membawa Keberuntungan
Minuman Bersoda Jadi Menu Wajib Sesajen di ThailandMinuman Bersoda Jadi Menu Wajib Sesajen di Thailand Foto: Meistrup

Ada alasan tertentu mengapa Fanta dipilih menjadi minuman wajib bagi para arwah. Hal ini ternyata berkaitan erat dengan garis sejarah orang-orang di Thailand. Dulu banyak orang China yang pindah ke Bangkok.

Dalam budaya China, warna merah dianggap membawa keberuntungan dan kemakmuran. Sementara warga Thailand mengaitkan warna merah dengan darah hingga pengorbanan, yang dipilih warga sebagai sesajen untuk berdoa.

Sebelum Fanta strawberry masuk ke Thailand. Orang-orang akan menambahkan air manis dengan pewarna makanan alami bernama Nam Ya Thai Thip yang berwarna merah. Setelah Fanta hadir di Thailand, orang-orang mulai membawanya ke kuil atau ke tempat keramat sebagai sesajen.


5. Disukai Para Arwah

Minuman Bersoda Jadi Menu Wajib Sesajen di ThailandMinuman Bersoda Jadi Menu Wajib Sesajen di Thailand Foto: Meistrup

Banyak orang Thailand yang percaya bahwa arwah biasanya menempati tanah hingga pohon. Karenanya mereka membuat rumah-rumah kecil untuk menaruh sesajen untuk para arwah baik yang tinggal di sana.

"Ini sebenarnya sudah menjadi sebuah tradisi. Dari semua sesajen, Fanta strawberry lah yang paling populer. Jika memberikan satu Fanta kepada arwah, maka 10 permintaan akan dikabulkan," tutur Chatgaew Pinjualai, penjual sesajen di Thailand.

Orang Thailand juga percaya bahwa rasa Fanta yang enak dan manis cocok bisa membuat arwah senang. Terlepas dari hal itu, Fanta kini menjadi minuman bersoda paling populer di Thailand hingga saat ini.

Baca Makna 5 Makanan dan Minuman yang Sering Jadi Sesajen

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com