Sudah Ada Sejak Zaman Nabi, Roti Jadi Makanan Favorit Rasulullah

Devi Setya - detikFood Kamis, 27 Agu 2020 19:30 WIB
Roti kesukaan Rasulullah Foto: Getty Images/iStockphoto/Gogosvm
FOKUS BERITA Roti Manis Kekinian

4. Tharid, olahan roti favorit Rasulullah

Roti kesukaan RasulullahRoti kesukaan Rasulullah Foto: Getty Images/iStockphoto/Gogosvm


Tharid atau biasa dikenal sebagai trid, tashreeb, taghrib atau thareed adalah makanan yang terbuat dari roti gandum. Olahan roti ini jadi favorit Rasulullah semasa hidup.

Tharid sendiri merupakan makanan tradisional Arab yang terbuat dari potongan roti gandum yang disajikan dengan kaldu sayuran atau daging. Hidangan ini populer saat bulan Ramadhan di Irak dan Arab.

Cara mengonsumsi tharid adalah dengan memotong sedikit roti gandum lalu mencelupkan dalam kaldu lalu menyantapnya dengan irisan daging. Kini tharid juga disajikan layaknya sandwich dengan isian daging.

5. Kisah Nabi Isa dan 3 potong roti

Jauh sebelum Rasulullah gemar menyantap roti gandum, ada sebuah kisah tentang roti yang terjadi di zaman Nabi Isa. Dikisahkan Nabi Isa tengah berjalan dengan seorang teman, di tengah perjalanan Nabi Isa membagi sepotong roti untuk temannya ini. Sepotong untuk disantap dan sepotong roti lagi untuk disimpan sebagai bekal.

Ketika Nabi Isa pergi sebentar untuk minum, tiba-tiba sepotong roti sisa ini hilang. Nabi Isa lantas bertanya 'siapakah yang mengambil sepotong roti?' namun temannya menjawab 'tidak tahu.'

Sampai akhirnya seorang teman ini mengaku setelah melihat bongkahan emas di Nabi Isa. Di ujung kisah, pencuri roti ini bertemu perampok yang hendak mencuri emas. Alhasil si pencuri roti maupun pencuri emas sama-sama mati saling bunuh karena sifat keserakahannya.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Masak Masak: Bikin Roti Tawar Goreng Isi Cokelat Stoberi"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)
FOKUS BERITA Roti Manis Kekinian
FOKUS BERITA Roti Manis Kekinian

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com