Sudah Ada Sejak Zaman Nabi, Roti Jadi Makanan Favorit Rasulullah

Devi Setya - detikFood Kamis, 27 Agu 2020 19:30 WIB
Roti kesukaan Rasulullah Foto: Getty Images/iStockphoto/Gogosvm
FOKUS BERITA Roti Manis Kekinian

2. Roti disantap dengan berbagai pelengkap

Selain makan roti langsung, Rasulullah juga menikmati roti gandum dengan berbagai pelengkap. Beliau pernah menikmati roti dengan cocolan cuka. Tapi di lain waktu, Rasulullah juga suka makan roti gandum dengan semangka atau kurma.

Kurma dijadikan pelengkap roti gandum sekaligus untuk membuat roti lembab. Roti yang disantap Rasulullah dibuat dengan cara khusus yakni dipanggang di dalam oven tembikar yang terbuat dari tanah liat.

3. Rasulullah tidak makan roti sampai kenyang

Roti kesukaan RasulullahRoti kesukaan Rasulullah Foto: Getty Images/iStockphoto/Gogosvm

Para sahabat mengatakan kalau Rasulullah tidak pernah menyantap roti gandum sampai benar-benar kenyang. Rasulullah dan keluarga selalu menyudahi jamuan makan sebelum perutnya terisi penuh oleh roti gandum.

Dari Abu Hurairah radhiallahu 'anhu, ia berkali-kali mengarahkan jarinya ke mulutnya, sembari mengatakan, "Rasulullah dan keluarganya tidak pernah merasa kenyang dalam tiga hari berturut-turut karena memakan roti gandum. (Keadaan tersebut terus berlangsung) Hingga beliau berpisah dengan dunia," (HR. Muslim 2976 dan Ibnu Majah 3343).

Abu Hurairah radhiallahu 'anhu, suatu hari beliau melewati orang-orang yang sedang menikmati daging kambing yang dipanggang. Mereka mengundang Abu Hurairah, tetapi dia tidak mau memakannya. Abu Hurairah berkata, "Sampai dengan saat wafatnya Rasulullah tidak pernah kenyang oleh roti yang terbuat dari gandum," (HR. al-Bukhari 5098).

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Bikin Roti Tawar Goreng Isi Cokelat Stoberi"
[Gambas:Video 20detik]

FOKUS BERITA Roti Manis Kekinian
FOKUS BERITA Roti Manis Kekinian

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com