4 Kesalahan Memecahkan Telur Ini Sering Dilakukan Banyak Orang

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 28 Agu 2020 12:30 WIB
Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Pecahkan Telur Foto: iStock
Jakarta -

Banyak makanan yang memerlukan telur sebagai bahan utamanya. Memecahkan telur terbilang sepele, tapi ada 4 kesalahan yang sering terjadi. Apa saja ya?

Telur merupakan bahan makanan yang bernutrisi tinggi, seperti mengandung protein dan lemak yang baik bagi tubuh. Telur juga salah satu makanan yang banyak digemari karena rasanya enak dan mudah dibuat.

Olahan telur yang praktis dibuat adalah telur goreng, dadar, dan omelet. Telur juga salah satu elemen penting dalam pembuatan kue. Untuk mengolahnya biasanya telur harus dipecahkan dari cangkangnya.

Baca Juga: Chrissy Teigen Berikan Tips Bikin Telor Ceplok yang Lembut Enak

Namun ketika memecahkannya kerap terjadi kesalahan. Dilansir dari Today (7/8), ada 4 kesalahan yang sering terjadi saat memecahkan telur.

1. Memecahkan Telur di Permukaan Tajam

Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Pecahkan TelurKesalahan yang Sering Terjadi Saat Pecahkan Telur Foto: iStock

Banyak orang memecahkan telur dengan memukulnya di permukaan yang tajam. Tapi ternyata cara itu kurang tepat. Lalu bagaimana yang benar?

Ada baiknya memecahkan telur di permukaan yang datar. Seperti talenan atau permukaan meja. Cara ini baik dilakukan saat kamu memecahkan telur dengan satu tangan. Nantinya putih telur akan meluncur keluar dari cangkangnya dengan sempurna.

2. Saat Memecahkan Telur dengan Satu Tangan

Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Pecahkan TelurKesalahan yang Sering Terjadi Saat Pecahkan Telur Foto: iStock

Kalau mau mudah, kamu bisa memecahkan telur dengan dua tangan. Tapi banyak juga orang yang ingin memecahkan telur hanya dengan satu tangan. Memecahkan telur dengan satu tangan juga diperlukan teknik khusus.

Chef Korbee dari Egg Shop di New York, Amerika Serikat menjelaskan tentang teknik memecahkan telur itu. Caranya dengan meretakkan cangkang telur lalu tarik ibu jari ke arah belakang dengan lembut untuk mengeluarkan telurnya.

3. Saat Memisahkan Kuning dari Putih Telur

Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Pecahkan TelurKesalahan yang Sering Terjadi Saat Pecahkan Telur Foto: iStock

Banyak makanan yang hanya membutuhkan kuning atau putih telur saja. Seperti cloud bread yang sedang viral belakangan ini hanya membutuhkan 3 putih telur.

Ada beberapa cara untuk memisahkan kuning dari putih telur, seperti langsung memisahkannya sesaat memecahkan telur. Namun cara ini cukup sulit dan banyak yang gagal karena kuning telur ada yang ikut tercampur.

Kalau ingin mudah, pecahkan telur lalu letakkan dalam wadah. Selanjutnya ambil dengan jari tangan untuk dipisahkan. "Aku melihat teknik memisahkan telur dengan tangan lebih baik dilakukan di rumah," ujar Korbee.

4. Cangkang Telur Sering Tercampur

Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Pecahkan TelurKesalahan yang Sering Terjadi Saat Pecahkan Telur Foto: iStock

Satu lagi kesalahan yang sering terjadi ketika memecahkan telur, yaitu cangkang atau kulit telur ikut tercampur. Biasanya hal ini terjadi karena cangkang telur tidak retak sempurna, jadi ketika dipecahkan cangkang bisa tercampur.

Terkadang kamu juga sering merasakan cangkang telur pada roti atau kue. Kalau kamu suka bikin kue ada baiknya memecahkan telur di wadah terpisah, jadi jangan langsung mencampurnya ke adonan kue.

Baca Juga: Ini 4 Cara Memecahkan Telur yang Praktis dan Efisien



Simak Video "Telur Asin Kini Jadi Warisan Budaya Takbenda Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)