Keren! Roti Kukus Kaki Lima yang Dijual Kakek Ini Dapat Bib Gourmand Michelin

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 27 Agu 2020 12:30 WIB
Roti Kukus Kaki Lima yang Dijual Kakek Ini Dapat Bib Gourmand Michelin Foto: AFP
Jakarta -

Seorang penjual roti kukus di pasar malam Taiwan mendapat Bib Gourmand Michelin Guide. Ia menjual roti kukus kurang dari Rp 29 ribu. Apa keistimewaannya?

Michelin Guide biasanya merekomendasikan restoran fine dining dengan biaya bersantap mahal, namun selain itu pihaknya juga mengeluarkan Bib Gourmand. Berupa panduan kuliner untuk tempat makan yang menawarkan menu dengan harga terjangkau.

Michelin Guide mengaku tak ada formula pasti dalam menentukan peraih Bib Gourmand. Jenis menu dan tempat makannya bisa sangat bervariasi. Namun yang pasti mereka menawarkan makanan yang simpel, dikenal masyarakat, mudah dimakan, dan kadang membuat seseorang merasa bisa membuat makanan itu sendiri di rumah.

Roti Kukus Kaki Lima yang Dijual Kakek Ini Dapat Bib Gourmand MichelinRoti Kukus Kaki Lima yang Dijual Kakek Ini Dapat Bib Gourmand Michelin Foto: AFP

Baca Juga: Bib Gourmand, Penghargaan Michelin Guide Untuk Makanan Kaki Lima

Terbaru, di Taiwan ada tempat makan peraih Bib Gourmand yang mencuri perhatian. Menu yang ditawarkan adalah gua bao. Berupa roti kukus mirip bakpao yang dibentuk layaknya sandwich dengan isian daging babi berbumbu gurih.

Penjual gua bao itu kakek berusia 80 tahun yang sudah menjual menu tradisional Taiwan ini selama puluhan tahun. Dikutip dari South China Morning Post (26/8), kakek itu bernama Wu Huang-yi. Ia menjual gua bao di kaki lima, tepatnya di pasar malam Huaxi Street, Taipei. Wu menawarkan gua bao seharga kurang dari Rp 29.000.

Roti Kukus Kaki Lima yang Dijual Kakek Ini Dapat Bib Gourmand MichelinRoti Kukus Kaki Lima yang Dijual Kakek Ini Dapat Bib Gourmand Michelin Foto: AFP

Wu menyempurnakan semua resepnya sendiri selama puluhan tahun. Dalam hal memarinasi daging, ia sudah mencobanya lebih dari 20 tahun lalu.

Di usia yang sudah tidak lagi muda, Wu kini masih belanja ke pasar sendiri tiap hari, sejak pukul 5 subuh. Ia membeli pork belly (daging perut babi) sebagai bahan utama isian gua bao. Nantinya daging itu dimasak lama bersama racikan rempah ala dirinya.

Gua BaoRoti Kukus Kaki Lima yang Dijual Kakek Ini Dapat Bib Gourmand Michelin Foto: Istimewa

"Roti saya berbeda dengan yang lain, semuanya dibuat dengan tangan. Rasanya enak karena teksturnya lembut dan juga kenyal," jelas Wu. Ia menambahkan, "Semuanya dibuat menurut tradisi, dan itulah alasan rasanya enak."

Di Taiwan, gua bao juga dikenal dengan sebutan ho ga ti. Isiannya tak hanya daging babi tapi juga acar sayuran, kacang yang sudah dihaluskan, dan daun ketumbar.

Baca Juga: Ini Gua Bao, Sandwich Khas Taiwan yang Mulai Populer



Simak Video "Masak Masak: Resep Tumis Pedas Tulang Muda Sapi"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)