Roti Manis Kekinian

Sejarah dan Filosofi Roti Buaya, Makanan Ikonik Betawi

Devi Setya - detikFood Rabu, 26 Agu 2020 18:30 WIB
roti buaya makanan ikonik betawi Foto: instagram @dianabakery.id
FOKUS BERITA Roti Manis Kekinian
Jakarta -

Roti buaya seolah jadi salah satu ikon kuliner di Jakarta. Lebih dari sekedar makanan, roti buaya punya sejarah dan filosofi mendalam.

Bagi sebagian orang, buaya kerap dikaitkan dengan konotasi negatif para pria hidung belang. Padahal buaya termasuk hewan paling setia. Seumur hidup, buaya hanya kawin satu kali dengan satu betina.

Berawal dari cara hidup buaya, masyarakat Betawi kemudian menjadikan buaya sebagai ikon kesetiaan yang hadir dalam bentuk roti. Roti buaya bahkan jadi hantaran wajib dalam acara pernikahan suku Betawi.

Selain unik bentuknya, roti buaya juga punya punya mitos yang dipercaya oleh masyarakat luas. Mengikuti perkembangan zaman, kini roti buaya bahkan hadir dengan isian yang lebih modern.

Baca juga : Secara Tradisi Betawi, Roti Buaya Tidak untuk Dimakan Apalagi Dibagikan

Seperti apa sejarah dan filosofi roti buaya bagi masyarakat Betawi? Berikut ulasannya.

1. Sejarah roti buaya

roti buaya makanan ikonik betawiroti buaya makanan ikonik betawi Foto: instagram @bigboy_bakery


Tidak ada yang tahu pasti kapan masyarakat Betawi mulai mengolah roti menjadi bentuk buaya. Namun hal ini dipercaya sudah berlangsung sejak ratusan tahun lalu. Roti buaya bahkan dijadikan simbol sebuah tradisi masyarakat Betawi.

Dilansir dari Jakarta Tourism (26/8) Jakarta diketahui memiliki 13 sungai yang menyebar dan melintas di berbagai daerah di Jakarta. Dipercaya, sungai inilah yang jadi cikal bakal adanya buaya.

Masyarakat bantaran sungai Jakarta paham betul soal pola hidup buaya yang hanya kawin sekali dalam seumur hidupnya. Hewan buas bergiigi tajam ini tak akan mencari betina lain saat betina pasangannya mati ataupun menghilang.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Kalau ke Bandung, Jangan Lupa Coba Roti Gandum Legendaris Ini!"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Roti Manis Kekinian
FOKUS BERITA Roti Manis Kekinian