5 Kuliner Legendaris Dekat Alun-alun Bandung, Sudah Pernah Coba?

Siti Fatimah - detikFood Kamis, 27 Agu 2020 10:30 WIB
Kuliner legendaris di Bandung Foto: Siti Fatimah/dok. detikcom
Jakarta -

Alun-alun jadi salah satu tempat wisata ikonik di Kota Bandung. Ketika lelah berkeliling, jangan lupa untuk mencicipi kuliner legendaris yang ada di sekitar Alun-alun Bandung.

Makanan legendaris ini selain menarik dan enak untuk dicicipi, juga bisa menjadi buah tangan bagi keluarga dan sanak saudara saat pulang ke rumah karena memiliki cita rasa yang khas sedari dulu.

Apa saja tempat makan yang legendaris dan cocok dikunjungi wisatawan? Ini dia daftar tempatnya:

1. Braga Permai

Kuliner legendaris di BandungKuliner legendaris di Bandung Foto: Siti Fatimah/dok. detikcom

Braga permai berlokasi di Jalan Braga nomor 58. Berdiri sejak 1918, kelezatan makanan di tempat ini tak lekang oleh zaman. Zaman dahulu, Braga Permai bernama Maison Bogerijen.

Selain disukai wisatawan lokal, tempat ini jadi restoran favorit turis-turis yang datang ke Kota Bandung. Meskipun begitu, wisatawan tetap akan menemukan makanan otentik seperti ice cream dengan enam varian rasa, pastry dan juga kue-kue khas Belanda (speculaas almond, boosterstaf, ontbijkoek, dan lain-lain).

2. Sumber Hidangan

Kuliner legendaris di BandungKuliner legendaris di Bandung Foto: Siti Fatimah/dok. detikcom


Penasaran dengan rasa roti klasik? Di Sumber Hidangan, pengunjung bisa merasakan berbagai macam sajian roti. Toko kue yang berdiri sejak 1929 ini menjual berbagai macam varian roti klasik dari mulai croissant, bitterballen, chocolates rotsjes, roti tawar dan berbagai menu roti lainnya.

Dulu dikenal dengan nama Het Soephuis yang artinya Rumah Manis. Selama 91 tahun ini, Sumber Hidangan tidak pernah berpindah lokasi, tetap di Jalan Braga no. 20-22 Kota Bandung.

Jika makan di tempat, pengunjung bisa melihat arsitektur khas Belanda di tempat ini. Di mana atapnya menjulang tinggi, ukuran jendela yang besar, etalase, radio, mesin kasir, timbangan jadul sekaligus dengan perabotan lainnya.

3. Warung Kopi Purnama

Kuliner legendaris di BandungKuliner legendaris di Bandung Foto: Warung Kopi Purnama

Warung kopi ini berdiri sejak 1930-an, berlokasi di Jalan Alkateri nomor 22. Tempat ini cocok buat Anda yang mencari menu sarapan jadul.

Interiornya sangat khas ala zaman Belanda. Dengan penggunaan furnitur serta hiasan dinding klasik, suasana di Warung Kopi Purnama bisa bikin betah berlama-lama.

Menu andalan di sini yaitu roti dengan selai srikaya. Mereka membuat selai srikaya sendiri dengan resep turun temurun dan dipertahankan sejak 90 tahun yang lalu.

4. Rasa Bakery and Cafe

Kuliner legendaris di BandungKuliner legendaris di Bandung Foto: Cerita Bandung

Tidak jauh dari Jalan Asia Afrika ada toko roti yang terkenal dengan es krim buatan sendiri yang legendaris. Rasa Bakery and Cafe sudah ada sejak 1936 dan lokasi tepatnya di Jalan Tamblong Dalam nomor 15.

Menu es krim andalannya ada frambozen, stroberi, cokelat, tutti frutti, snow white, banana split, rhum raisin, dan masih banyak lainnya. Selain es krim, pengunjung juga bisa mencicipi aneka kue yang bikin nagih seperti kue soes, bittes ballen dan lain-lain.

5. Warung Nasi Bu Imas

Kuliner legendaris di BandungKuliner legendaris di Bandung Foto: Siti Fatimah/dok. detikcom

Wisatawan yang ingin mencicipi makanan khas Sunda, mampirlah ke Warung Nasi Bu Imas yang berdiri sejak 1980-an. Lokasinya tidak hanya satu tempat saja, tapi ada di beberapa lokasi seperti di Jalan Balong Gede no. 67, no. 94, no. 38 dan di Jalan Pungkus nomor 91.

Kalau berkunjung ke Warung Nasi Bu Imas, jangan lupa coba masakan paling favorit di sini yaitu Ayam Goreng Sambel Dadak dan Karedok Leunca. Jodoh paling pasnya tentu saja nasi hangat!



Simak Video "Menjajal Martabak Manis Tradisional di Bogor "
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)