Kuliner Legendaris Indonesia

5 Tempat Makan Tempo Dulu di Bandung, Ada yang Berusia 100 Tahun

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 15 Agu 2019 19:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Bosan kuliner kekinian di Bandung? Saatnya cicip hidangan di tempat makan kuno ini. Ada kopi hingga roti gandum yang sayang dilewatkan.

Bandung memang jadi surganya kuliner, tak terkecuali untuk hidangan legendaris yang sudah hadir sejak puluhan tahun lalu. Beberapa tempat makan bahkan masih mempertahankan interior asli sehingga serasa kembali ke masa lampau kalau Anda mampir. Berikut 5 tempat makan legendaris yang hits di Bandung.

Baca Juga: Jalan-jalan Ke Bandung Malam Hari, Wajib Cicip 5 Kuliner Enak Ini

1. Sumber Hidangan

5 Tempat Makan Tempo Dulu di Bandung, Ada yang Berusia 100 TahunFoto: Istimewa

Foto: Instagram nina_epicure
Berlokasi Jalan Braga Nomor 20-22, Sumber Hidangan konon sudah hadir sejak tahun 1929. Interior tempat bersantapnya masih mempertahankan nuansa tempo dulu. Terlihat dari atap bangunan yang tinggi dengan jejeran kursi-kursi besi.

Soal menu, roti dan kue jadul di sini wajib dicicip. Namanya bahkan masih memakai bahasa Belanda seperti busbrood, paindelux, warmbol, suikerbol, hingga kaasstok. Jangan lupa juga cicip es krim kuno rasa vanilla, cokelat, sampai nougat.


2. Braga Permai

5 Tempat Makan Tempo Dulu di Bandung, Ada yang Berusia 100 TahunFoto: Istimewa

Foto: Instagram bragapermaibandung
Masih di kawasan Braga, inilah Braga Permai yang sudah ada sejak 1918. Restoran ini kerap ramai pengunjung karena mereka penasaran bersantap di tempat makan bernuansa tempo dulu. Bahkan Braga Permai punya nama Belanda yaitu Maison Bogerijen.

Beberapa menu yang wajib dicicip di Braga Permai adalah Specullas Almond, Tampoesjes, Booterstaf, Ontbijtkoek, dan Ananas Geap. Jangan lupa juga cicip hidangan utama seperti steak lidah, penne arabiatta, sampai grill king prawn yang menggugah selera.

3. Warung Kopi Purnama

5 Tempat Makan Tempo Dulu di Bandung, Ada yang Berusia 100 TahunFoto: Istimewa

Foto: Instagram dewandra
Warung Kopi Purnama tak kalah legendaris karena sudah ada sejak 1930. Warung kopi ini ada di Jalan Aklateri No. 22 (Asia Afrika), Braga. Meski sudah banyak kedai kopi kekinian di Bandung, pengunjung kedai kopi tertua di Bandung ini tak pernah surut.

Interiornya juga masih mempertahankan nuansa tempo dulu seperti pajangan foto jadul di dinding. Kalau ke sini wajib cicip roti bakar srikaya yang selainya dibuat homemade. Untuk pilihan kopinya ada kopi panas, kopi susu panas, kopi susu tubruk, dan kopi telur.

4. Roti Gempol

5 Tempat Makan Tempo Dulu di Bandung, Ada yang Berusia 100 TahunFoto: Istimewa

Foto: Instagram thataljundiah
Jangan ngaku pencinta roti kalau belum mampir ke Roti Gempol di Jalan Gempol Wetan No. 14. Menu roti yang sudah ada sejak 1958 ini adalah roti gandum atau roti putih bakar. Bisa diberi isian manis atau gurih. Untuk isian gurih ada daging, telur, dan keju.

Sementara untuk isian manis ada cokelat, susu, kacang, dan aneka selai. Yang unik, roti tersedia untuk porsi perserorangan atau beramai-ramai (ririungan). Harganya juga masih terjangkau, mulai dari Rp 9.000 sampai Rp 50.000.

5. Rasa Bakery & Cafe

5 Tempat Makan Tempo Dulu di Bandung, Ada yang Berusia 100 TahunFoto: Istimewa

Foto: Instagram nadaurellia
Kalau mau menyegarkan tenggorokan, mampirlah ke Rasa Bakery & Cafe yang sudah ada sejak 1936. Lokasinya ada di Jalan Tamblong. Berbagai es krim jadul dan homemade wajib dicicip saat ke sini.

Ada pilihan rasa cokelat, rhum raisin, frambozen, banana split, dan banyak lainnya. Konon es krim dibuat tanpa bahan pengawet. Kalau mau bawa pulang, Rasa Bakery & Cafe menyediakan es krim kemasan cone, cup, atau slice.

Baca Juga: Akhir Pekan di Kawasan Dago, Jangan Lupa Mampir Ke 5 Tempat Makan Ini



Simak Video "Gurih Mantap! Sate Kambing Selap Gajih Pak Gino"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)