Seitan, Makanan Diet yang Bergizi dan Enak Rasanya

Devi Setya - detikFood Selasa, 25 Agu 2020 09:00 WIB
Plate of Seitan, wheat gluten, with green salad. Seitan is a meat substitute in the vegetarian and vegan cuisine. Foto: Getty Images/iStockphoto/mrohana

4. Cocok untuk makanan diet

Plate of Seitan, wheat gluten, with green salad. Seitan is a meat substitute in the vegetarian and vegan cuisine.Plate of Seitan, wheat gluten, with green salad. Seitan is a meat substitute in the vegetarian and vegan cuisine. Foto: Getty Images/iStockphoto/mrohana

Kandungan protein yang tinggi dan kalori yang rendah membuat seitan cocok jadi makanan diet. Para pelaku diet juga sudah banyak mengandalkan seitan sebagai makanan yang bisa mengontrol berat badan.

Protein pada seitan membantu menurunkan kadar ghrelin yang merangsang rasa lapar. Jadi dengan menyantap seitan, kamu akan merasa kenyang lebih lama. Tapi seitan tetap haruslah dikonsumsi sesuai porsi yang dianjurkan.

Seitan juga punya sisi negatif dari orang yang alergi terhadap gluten. Ketika tubuh tidak bisa mencerna seitan maka efeknya akan menyebabkan diare, mual dan pusing. Jadi jangan berlebihan konsumsi seitan dan pastikan untuk menyantap berbagai makanan lain seperti sayuran, buah dan aneka kacang-kacangan.

5. Cocok untuk orang yang alergi kedelai


Ada sebagian orang yang mengalami masalah alergi pada kedelai. Padahal olahan kedelai seperti tahu dan tempe sangat diandalkan oleh para vegetarian dan orang-orang yang menjalani pola makan sehat.

Khusus untuk orang-orang yang alergi terhadap kacang kedelai, bisa mengonsumsi seitan untuk memenuhi protein harian. Tapi lagi-lagi, seitan harus dimakan dengan berbagai makanan lainnya agar kebutuhan sumber gizi terpenuhi.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Icip-icip Sandwich Subway yang Baru Buka Lagi di Citos"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com