Seitan, Makanan Diet yang Bergizi dan Enak Rasanya

Devi Setya - detikFood Selasa, 25 Agu 2020 09:00 WIB
Plate of Seitan, wheat gluten, with green salad. Seitan is a meat substitute in the vegetarian and vegan cuisine. Foto: Getty Images/iStockphoto/mrohana
Jakarta -

Seitan yang satu ini tidak menakutkan tapi justru enak dan kerap diandalkan sebagai santapan para pelaku diet. Seitan ini juga bisa menjaga berat badan.

Seitan memang hanya populer di kalangan vegetarian dan orang-orang yang menjalani diet. Padahal seitan ini punya rasa enak, bergizi dan juga murah meriah.

Seitan juga dikenal dengan sebutan daging vegetarian atau daging imitasi karena terbuat dari gluten gandum. Teksturnya kenyal padat dan bisa diolah jadi berbagai masakan. Seitan kini juga mudah ditemui di supermarket ataupun toko online.

Baca juga : Tren Daging Nabati Makin Populer, Kini Ada Steak Jamur Rasa Daging

Berikut beberapa fakta soal seitan, makanan sehat yang punya nama unik.

1. Asal usul seitan

Plate of Seitan, wheat gluten, with green salad. Seitan is a meat substitute in the vegetarian and vegan cuisine.Plate of Seitan, wheat gluten, with green salad. Seitan is a meat substitute in the vegetarian and vegan cuisine. Foto: Getty Images/iStockphoto/mrohana

Kata seitan sendiri berasal dari bahasa Jepang yang artinya protein. Sumber protein ini termasuk jenis protein nabati yang terbat dari gluten gandum. Seitan sudah lama dikonsumsi para vegetarian sebagai bahan makanan.

Seitan terbuat dari adonan tepung gandum yang sudah dicuci bersih. Proses pencucian ini cukup panjang karena harus menghilangkan bulir pati dan hanya menyisakan adonan yang lengket dan kenyal. Adonan ini bertekstur liat dan tidak larut air.

Adonan seitan ini kemudian didiamkan dan dibekukan hingga padat dan mengeras. Setelah jadi, seitan bisa dipotong-potong kecil. Bentuk seitan beragam, ada yang potongan kecil, ada juga yang berbentuk kotak mirip tahu.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Jajal Mie Kocok Bakso dan Lotek Cihapit Bandung"
[Gambas:Video 20detik]