Nasi Goreng Topping Durian Bisa Jadi Menu Sarapan Unik, Mau Coba?

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 25 Agu 2020 08:00 WIB
Nasi Goreng Durian di Penang Foto: rojakdaily
Jakarta -

Pelengkap nasi goreng biasanya suwiran ayam atau topping telur. Tapi di Penang, Malaysia ada nasi goreng yang memakai topping durian. Gimana ya rasanya?

Nasi goreng merupakan olahan nasi yang dimasak kembali bersama sejumlah bumbu. Biasanya berupa bawang merah, bawang putih, dan cabai. Kalau di Indonesia, nasi goreng juga umum diberi tambahan kecap manis.

Nasi Goreng PedasNasi Goreng Pedas Foto: iStock

Supaya makin enak dan bernutrisi, nasi goreng biasanya ditambahkan suwiran ayam, bakso, sosis, daging kambing, ataupun seafood. Ada juga pelengkap seperti telur dadar, telur ceplok, potongan timun, tomat, taburan bawang merah goreng, dan acar.

Baca Juga: Nyeleneh! Nasi Goreng Ini Diracik Pakai Minuman Serbuk Jeruk

Nasi goreng biasa dijadikan menu sarapan yang mengenyangkan. Namun sebagian orang Indonesia menyantapnya sebagi menu makan malam.

Ada juga beberapa nasi goreng yang dicampurkan dengan buah. Biasanya nanas atau stroberi yang rasanya asam menyegarkan. Tapi, ada satu kreasi nasi goreng yang tak biasa dan bikin heboh.

Nasi Goreng Durian di PenangNasi Goreng Durian di Penang Foto: rojakdaily

Dilansir dari Rojak Daily (17/8), di Penang, Malaysia ada kreasi nasi goreng dengan topping durian. Durian yang digunakan bukanlah tempoyak seperti yang ada di Indonesia, melainkan durian utuh dalam potongan besar.

Nasi goreng durian ini ditawarkan oleh warung makan bernama Ah Chong. Warung ini meracik nasi goreng seperti pada umumnya. Diberikan tambahan cincangan kol, wortel, telur, dan udang.

Semua bahan tersebut lalu dicampurkan menjadi satu dengan nasi, ditambahkan juga kecap asin agar rasanya gurih. Seporsi nasi goreng udang itu lalu disajikan dengan taburan daun bawang, jeruk kunci, dan tentunya sepotong utuh durian.

Nasi Goreng Durian di PenangNasi Goreng Durian di Penang Foto: rojakdaily

Durian yang digunakan oleh warung makan ini adalah jenis durian kunyit. Ah Chong juga menyediakan durian musang king, tapi pembeli yang tertarik perlu memesannya lebih dahulu. Untuk menikmatinya juga disediakan sambal supaya terasa pedas nikmat.

Kabarnya rasa nasi goreng durian tidak seaneh yang dibayangkan. Ada rasa gurih dan pedas dari nasi goreng lalu sedikit rasa manis dan tekstur creamy dari durian. Kalau ditambahkan air jeruk kunci, maka rasanya jadi lebih segar. Nah, kamu tertarik coba?

Baca Juga: 5 Nasi Goreng Unik Ini Pakai Tambahan Usus Hingga Bistik Ayam



Simak Video "Masak Masak: Resep Nasi Goreng Mawut Pedas Nikmat"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)