Peneliti Temukan Virus Corona Bertahan Hidup 3 Minggu di Frozen Food

Riska Fitria - detikFood Senin, 24 Agu 2020 15:00 WIB
Frozen food Foto: iStock
Jakarta -

Virus corona ditemukan ada dalam frozen food atau makanan beku. Bahkan virus tersebut dapat bertahan hidup hingga tiga minggu lamanya.

Lewat sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal BioRxiv, para peneliti memperingatkan bahwa makanan yang terkontaminasi dapat menyebabkan penyebaran virus corona. Salah satunya pada frozen food atau makanan beku, seperti salmon, ayam, hingga daging babi.

Bahkan virus corona yang mengendap di frozen food tersebut dapat bertahan hidup selama tiga minggu. Dalam penelitian tersebut, mereka menguji beberapa sampel, yaitu berupa potongan daging ayam, salmon dan babi dari supermarket di Singapura.

Frozen foodFrozen food Foto: iStock

Baca Juga : Virus Corona Membuat Orang Lebih Kreatif Mengolah Makanan

Potongan daging tersebut kemudian diberikan sampel virus corona di dalamnya. alu, potongan daging itu disimpan dalam suhu beku, yaitu antara 4 derajat Celcius suhu beku standar dan -20 derajat Celcius suhu beku standar, lapor The Sun (22/08).

Betapa mengejutkan setelah disimpan selama 21 hari, virus corona masih hidup dalam potongan daging dan ikan. Karenanya para Ilmuwan memperingatkan hal ini kepada negara-negara yang tidak memiliki kasus virus corona dalam waktu yang lama.

Wabah virus corona baru-baru ini kembali muncul di Vietnam, Selandia baru dan China setelah tidak ada kasus selama beberapa bulan. Para Ilmuwan menyebut bahwa ini dapat berpotensi menyebabkan lonjakan penyebaran virus corona di masa depan.

Frozen foodFrozen food Foto: iStock

"Makanan impor yang terkontaminasi dan kemasan makanan merupakan sumber yang layak untuk wabah virus corona," ujar seorang Peneliti.

Lebih lanjut, peneliti tersebut juga menjelaskan bahwa penyebaran virus corona melalui frozen food ini bukan rute infeksi yang utama. Tetapi perpindahan barang yang terkontaminasi ke wilayah yang belum terinfeksi virus corona.

"Penjamah makanan yang terinfeksi berpotensi menjadi kasus indeks wabah baru. Pasar makanan internasional sangat besar, bisa jadi penyebaran virus terjadi dari waktu ke waktu," ujar Peneliti.

Frozen foodFrozen food Foto: iStock

Temuan penelitian tersebut membuat masyarakat menjadi khawatir akan adanya penyebaran virus corona lewat makanan. Namun, World Health Organization (WHO) menyebut bahwa belum ada bukti tentang penyebaran virus corona melalui makanan.

"Saat ini tidak ada bukti bahwa makanan ikut serta dalam penularan virus corona. Orang tidak boleh takut pada makanan, pengemasan makanan atau pemrosesan dan pengiriman makanan. Makanan sangat penting." ujar dr Mike Ryan, Direktur Eksekutif Program Darurat WHO seperti yang dikutip dari CNBC Internasional.

Baca Juga : Cokelat hingga Gorengan, 5 Makanan Berbentuk Sel Virus Corona



Simak Video " Ingat! Jangan Asal Konsumsi Frozen Food"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)