Virus Corona Membuat Orang Lebih Kreatif Mengolah Makanan

Devi Setya - detikFood Minggu, 29 Mar 2020 17:00 WIB
makan keluarga Foto: Istimewa
Jakarta -

Keterbatasan justru membuat banyak orang makin kreatif, termasuk ketika memasak. Pandemi corona yang terjadi saat ini terbukti membuat orang lebih kreatif saat memasak.

Dilansir dari Foodbeast (27/3) masa karantina secara tidak langsung membuat orang lebih kreatif dalam mengolah makanan. Keterbatasan bahan makanan justru membuat orang memaksimalkan kemampuan dalam meracik makanan.

Kegiatan memasak di rumah juga menjadi kegiatan menyenangkan. Jika orang memasak dengan perasaan gembira, masakan apapun akan terasa lezat. Chef Giada DeLaurentiis mengatakan jika pandemi corona ini berakhir, bisa dipastikan orang akan lebih senang memasak dan pola makan mereka akan berubah dari biasanya.

Virus Corona Membuat Orang Lebih Kreatif Mengolah MakananFoto: Istimewa


Baca juga : Baru Belajar Masak? 5 Situs Resep Ini Bisa Jadi Panduan

"Saya pikir seluruh hidup kita akan berubah. Alih-alih mencari makanan sulit, kita justru akan memilih makanan sederhana dan simpel," ujar Chef Giada. "Saya pikir Anda akan mulai menyadari bahwa bahan-bahan terbatas dapat digunakan untuk banyak makanan dengan cara berbeda."

Hal ini terjadi seiring terbatasnya bahan makanan di pasaran. Beberapa jenis makanan menjadi langka, orang juga mencoba memasak berbagai makanan di rumah karena banyak restoran tutup jadi orang tak banyak pilihan selain mengolah makanan sendiri sldi rumah.

Menyadari hal ini para chef melakukan modifikasi resep agar lebih mudah dicontoh oleh masyarakat biasa. "Saya mengadaptasi banyak resep untuk menggunakan bahan dapur sederhana dan menghilangkan bahan yang sulit didapatkan. Saya harap ini bisa membantu orang-orang yang tinggal di rumah selama masa karantina," kata Chef Giada.

Selain jenis makanan yang sederhana, chef ini juga memprediksi setelah wabah corona berakhir, orang akan punya kebiasaan makan berbeda. Orang-orang akan lebih senang makan di rumah dibandingkan makan di restoran. Berbulan-bulan di rumah membuat orang punya pola hidup baru.

Virus Corona Membuat Orang Lebih Kreatif Mengolah MakananFoto: Istimewa


Selain itu, banyaknya restoran yang tutup selama pandemi corona juga diprediksi tidak akan kembali seperti semula. Kesulitan ekonomi membuat para pengusaha restoran memilih vakum untuk sementara waktu.

Jonathan Maze, Editor-in-Chief di Restaurant Business Magazine mengatakan bisnis kuliner akan mengalami masa sulit. "Setelah semuanya beres, kita mungkin akan berada dalam resesi ekonomi, dan butuh waktu sebelum ekonomi pulih," kata Maze.

Saat ini orang-orang hanya bisa berharap restoran favorit kita bisa melewati masa sulit ini sehingga saat wabah hilang, kita masih bisa makan hidangan favorit. Tapi sebelum masa ini berakhir, perbanyaklah kemampuan memasak di rumah.



Simak Video "Kangen dengan Pecel Sayur di Pasar Baru?"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)